Round-Up

3 Status Tersangka Habib Rizieq Usai Pulang ke Indonesia

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 21:05 WIB
FPI Dibubarkan
Ilustrasi Habib Rizieq (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta -

Kasus demi kasus melilit Habib Rizieq Shihab (HRS) semenjak pulang ke Tanah Air. Kini, Habib Rizieq telah menyandang status tersangka untuk tiga kasus.

Habib Rizieq awalnya tiba dari Mekah ke Indonesia pada Selasa 10 November 2020. Kala itu, massa berkumpul di kawasan Bandara Soekarno-Hatta untuk menyambut kedatangan Habib Rizieq.

Tak hanya di kawasan bandara, massa juga menyambut Habib Rizeq di sekitar kediamannya di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. Selama perjalanan dari bandara menuju rumah, Habib Rizieq pun terus menyapa para pendukungnya.

Hari-hari setelahnya, kegiatan Habib Rizieq terbilang padat. Dia mengisi ceramah di Jakarta Timur hingga Megamendung, Bogor. Acara tersebut juga menimbulkan kerumunan massa di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Kegiatan pun berlanjut hingga Sabtu (14/11) malam. Habib Rizieq menikahkan putrinya yang juga berbarengan dengan perayaan Maulid Nabi di kawasan Petamburan.

Acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putri Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, berlangsung Sabtu (14/11). Acara ini menimbulkan kerumunan massa karena dihadiri masyarakat dengan jumlah yang masif tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Setelah acara Maulid Nabi itu, Habib Rizieq tak pernah terlihat muncul di publik. Pengacara Front Pembela Islam (FPI), Aziz Yanuar, mengatakan Habib Rizieq saat ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk istirahat di kediamannya.

"Nggak (sakit), itu butuh istirahat saja. Kan kalau kurang sehat beliau juga ngomong di ceramah itu. Ada kok di ceramahnya 'saya lagi kurang sehat'," kata Aziz saat dihubungi detikcom, Rabu (18/11).

Aziz pun mengungkapkan keluarga telah memeriksakan kondisi kesehatan Habib Rizieq. Pemeriksaan dilakukan oleh tim internal.

Saat masa rehat yang dijalani Habib Rizieq, polisi bersama aparat keamanan lainnya menyambangi kediaman Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (21/11/2020). Kedatangan aparat keamanan itu guna memastikan kondisi Rizieq yang disebut telah terkonfirmasi positif virus Corona.

Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Kompol Margiyono menceritakan, saat tiba di lokasi sekitar pukul 22.15 WIB, pihaknya bertemu dengan Ustaz Yono, orang yang mengaku perwakilan keluarga Habib Rizieq. Pihak keluarga menyebut Habib Rizieq sedang istirahat sehingga tidak bisa menerima tamu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6