Urban Legend

Oei Tambah Sia, Playboy Legendaris Batavia yang Cebok Pakai Uang

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 28 Des 2020 13:43 WIB
Ilustrasi: Oei Tambah Sia. (Repro karya MG de Coudray di L’Illustration 1857/Public Domain/Wikimedia Commons)
Ilustrasi: Oei Tambah Sia. (Repro karya MG de Coudray di L'Illustration 1857/Public Domain/Wikimedia Commons)
Jakarta -

Ada sosok pria legendaris yang pernah berjalan-jalan di tanah Jakarta zaman dulu. Dia adalah 'pemburu' perempuan. Namanya Oei Tambah Sia.

Playboy yang menjadi urban legend Batavia ini muncul dalam catatan-catatan masa silam. Namanya sering ditulis sebagai Oei Tambah Sia, Oey Tamba Sia, atau Oei Tambahsia. Dalam 'Statistik Hukum' era Hindia Belanda tahun 1854-1855, namanya tertulis sebagai Oeij Tamba.

Dilansir Ensiklopedi dalam Portal Resmi Provinsi DKI Jakarta, Oei Tambah Sia begitu legendaris di Betawi. Dia adalah pemuda Tionghoa dari orang tua yang kaya raya.

"Ia seorang playboy yang membuat orang tua para gadis cantik khawatir setengah mati," tulis Ensiklopedi di Portal Resmi Provinsi DKI Jakarta.

Kisah mengenai Oei Tambah Sia dapat ditemui dalam cerita rakyat Betawi berbentuk syair dengan judul 'Sair Oey Tambahsia'.

Siapa dia?

Oei Tambah Sia diperkirakan hidup antara tahun 1827 sampai 1856. Dia adalah anak dari Oey Thay, pemilik toko tembakau terbesar di Batavia yang aslinya berasal dari Pekalongan. Oey Thay adalah hartawan yang dermawan.

Oey Thay sang ayah dari Oei Tambah Sia adalah orang terhormat dan punya koneksi dengan pejabat. Oei Thay diangkat pemerintah kolonial sebagai Lieutnant der Chinezen untuk kawasan Kali Besar. Dia juga pengurus Kongkoan atau Dewan Tionghoa pada pemerintahan Hindia-Belanda era itu.

Tonton juga video 'Urban Legend: Menara Saidah dan Rumor Gedung Berhantu':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, reputasi aksi playboy Oei Tambah Sia si anak orang kaya:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3