Misteri Sosok Kapten Jas di Museum Prasasti Jakarta

ADVERTISEMENT

Urban Legend

Misteri Sosok Kapten Jas di Museum Prasasti Jakarta

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 25 Des 2020 14:06 WIB
Makam Kapten Jas di Museum Prasasti. (Danu Damarjati/detikcom)
Makam Kapten Jas di Museum Prasasti. (Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta -

Makam Kapten Jas di Museum Prasasti, Jakarta, ini sempat dianggap keramat oleh masyarakat sejak zaman dulu. Sebenarnya siapakah sosok Kapten Jas di makam ini? Selubung misteri mulai tersibak.

Museum Prasasti adalah sisa-sisa dari 5,5 hektare Kerkhof Laan atau Permakaman Kebon Jahe Kober yang digunakan sejak 1795. Pada 1970-an, era Gubernur DKI Ali Sadikin, mayat-mayat dalam kubur diangkut semua dan akhirnya tempat ini menjadi Museum Prasasti pada 9 Juli 1977.

Meski jenazah-jenazah dari dalam kubur sudah diangkut pada masa Gubernur Ali Sadikin, ada satu kuburan yang tidak terusik. Ini menjadi satu-satunya nisan yang masih terdapat jasad manusia di dalamnya.

Untuk mengecek makam yang konon terkesan seram ini, detikcom mengunjungi Museum Prasasti, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Tertulis di nisan 'Kapitein Jas', begitulah nama yang tertera di batu nisan yang cukup besar tapi kusam ini. Nama itu tertera di bawah lambang salib. Di sisi kanan, tertulis tanggal kematiannya, 5 Mei 1768. Sungguh masa yang sangat lampau. Di sisi kiri, ada tulisan 'Vader Jas'.

Makam Kapten Jas di Museum Prasasti. (Danu Damarjati/detikcom)Makam Kapten Jas di Museum Prasasti. (Danu Damarjati/detikcom)

Alwi Shahab dalam buku 'Saudagar Baghdad dari Betawi' rilisan Penerbit Republika tahun 2004 menguak selubung citra angker yang melekat pada makam Kapitein Jas.

Lihat juga video 'Melihat Kemegahan Rancangan Museum Rasulullah SAW':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, soal makam Kapten Jas:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT