Round-Up

Bongkar-Pasang Kabinet Mengemuka, Sandiaga hingga Risma Masuk Bursa

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 06:52 WIB
Menteri-menteri Kabinet Jokowi, menteri jokowi,
Kabinet Indonesia Maju (BPMI Setpres)
Jakarta -

Isu bongkar-pasang atau reshuffle kabinet mengemuka usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat berdua dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Nama Sandiaga Uno dan Tri Rismaharini masuk bursa calon menteri.

Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf menggelar pertemuan empat mata pada Senin pagi hingga siang. Hal itu disampaikan oleh Jubir Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi.

"Tidak dijelaskan (agenda rapatnya, red), tapi banyak orang memperkirakan terkait dengan perkembangan terakhirlah," ujar Jubir Wapres, Masduki Baidlowi, saat dihubungi, Senin (21/12/2020).

"Ya kan banyak isu terkait pergantian menteri dan segala macam, saya nggak tahu, karena nggak ada penjelasan," sambungnya.

Isu perombakan kabinet ini pun terdengar di kalangan partai politik koalisi pemerintah. PKB bahkan sudah mendengar 6 nama yang akan kena reshuffle.

"Saya dengar ada 6 posisi," ujar Ketua Ketua DPP PKB Faisol Riza kepada wartawan.

"Tapi mungkin bisa lebih," imbuhnya.

Berdasarkan isu yang beredar luas, ada 6 Kementerian akan kena reshuffle. Yaitu Kemenkes, Kemenparekraf, Kemensos, Kemendag, Kemenag, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selain itu, sejumlah nama juga diisukan masuk bursa menteri. Salah satunya Sandiaga Uno, yang masuk bursa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Nama Wali Kota Surabaya juga diisukan akan menjadi pengganti Juliari Batubara sebagai Menteri Sosial. Juliari Batubara diketahui mengundurkan diri lantaran terjerat operasi tangkap tangan (OTT) KPK soal bantuan Corona.

Sementara itu, M Luthfi, yang kini menjadi Dubes RI di AS, masuk bursa calon Menteri Perdagangan, yang kini diisi politikus PKB Agus Suparmanto.