Round-Up

Kencang Isu Reshuffle dari Istana Kala Jokowi-Ma'ruf Rapat Berdua

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Senin, 21 Des 2020 21:33 WIB
Menteri-menteri Kabinet Jokowi, menteri jokowi,
Kabinet Indonesia Maju (BPMI Setpres)
Jakarta -

Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kian santer. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menggelar rapat berdua secara intensif yang diperkirakan salah satunya membahas pergantian para menterinya.

Isu reshuffle ini makin kencang berembus ketika Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terjaring OTT KPK terkait dugaan suap ekspor benur. Menteri Sosial Juliari Batubara ditangkap KPK sekitar 2 pekan kemudian. Juliari diduga terlibat korupsi dana bansos Corona.

Sejumlah partai politik, seperti PPP dan NasDem, menyarankan agar Jokowi melakukan reshuffle secepatnya sebelum pergantian pada 2020. Parpol pendukung Jokowi tersebut tak ingin ada kursi menteri yang kosong karena bisa menghambat kinerja kementerian.

Terbaru, juru bicara Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengatakan Presiden dan Wapres rapat membahas situasi terkini, bisa jadi soal reshuffle. Rapat Jokowi dan Ma'ruf digelar di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin (21/12/2020), sekitar pukul 10.00 WIB hingga siang hari.

"Ya kan banyak isu terkait pergantian menteri dan segala macam, saya nggak tahu, karena nggak ada penjelasan," kata Masduki.

Masduki menyebut rapat Jokowi-Ma'ruf Amin tidak melibatkan jajaran menteri. Jokowi dan Ma'ruf Amin menggelar rapat berdua secara intensif.

"Nggak (sama menteri), kalau itu pembicaraan antara Pak Jokowi dan Pak Wapres," kata Masduki.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3