Round-Up

Massa 1812 Dipaksa Bubar Sebelum Aksi Digelar

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 19 Des 2020 07:22 WIB
Massa aksi 1812 dipukul mundul polisi dari kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.  Massa kini kocar-kacir ke arah Tanah Abang.
Saat Polisi Pukul Mundur Massa Aksi 1812 dari Kawasan Patung Kuda (Foto: Grandyos Zafna)

Massa Aksi 1812 Dipukul Mundur

Massa aksi 1812 dipukul mundur polisi dari Patung Kuda, Jakarta Pusat, hingga simpang Kebon Sirih. Massa kini kocar-kacir ke arah Tanah Abang.

Pantauan detikcom, Jumat (18/12/2020), massa datang dari Jalan Thamrin sekitar pukul 13.40 WIB. Mereka bergerombol sambil membawa bendera ormas dan merah putih.

Polisi kemudian memaksa massa untuk membubarkan diri. Sempat terjadi aksi saling dorong.

Massa akhirnya dipukul mundur ke simpang Kebon Sirih. Dari situ massa mundur ke arah Tanah Abang.

Barikade polisi bergerak menutup jalan ke Patung Kuda agar massa tidak kembali. Tampak 1 mobil water cannon dan 2 mobil pengurai massa (raisa) bersiaga.

Massa terus dipukul mundur hingga Tanah Abang. Pasukan Brimob ikut bersiaga mengawal massa mundur. Tampak warga sekitar ikut menyaksikan pembubaran massa.

Polisi Amankan Ambulans @laskarsyuhada_ipmm Bawa Logistik Aksi 1812

Polisi mengamankan ambulans dan satu unit mobil yang membawa logistik untuk aksi 1812. Ambulans tersebut diamankan di sekitar Tanah Abang.

Pantauan di lokasi, Jl Jatibaru Raya, Jakarta Pusat, Jumat (18/12/2020), pukul 14.25 WIB, polisi awalnya mencegat ambulans dan mobil tersebut. Setelah dicek, rupanya ambulans ini membawa logistik, seperti roti dan kardus berisi air mineral.

Ambulans yang diamankan berwarna hijau dengan pelat B-2348-BOP bertulisan 'Ambulance Pelayanan' dengan logo IPMM Joglo. Saat dibuka, terdapat dua orang di bagian belakang ambulans.

"Apa ini? Apa ini? Yang bawa logistik juga diamankan," kata polisi di lokasi.

Saat dicek lebih jauh, ambulans ini memiliki akun Instagram @lasykarsyuhada_ipmm. Di akun tersebut, ada keterangan: 'AMBULANCE PELAYANAN UMAT SEKRETARIAT : MASJID ASY SYUHADA, Komplek DKI Joglo - Jakarta Barat'

Begitu juga dengan Toyota Kijang 'kotak' yang diamankan polisi. Terlihat ada satu orang dan mobil tersebut memuat logistik.

Polisi Amankan Sejumlah Orang dari Peserta Aksi 1812

Massa aksi 1812 yang berada di Jalan H Agus Salim, Jakpus, terlibat dorong-dorongan dengan petugas Polri-TNI sekitar pukul 15.26 WIB. Petugas gabungan mengamankan lima orang dari insiden tersebut.

Massa aksi 1812 yang bertahan di Jalan H Agus Salim memaksa merangsek ke Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Upaya massa itu langsung dihadang oleh petugas gabungan.

Meski demikian, massa aksi 1812 terus memaksa menembus hadangan petugas gabungan. Akibatnya, petugas dan massa aksi terlibat saling dorong.

Suasana pun semakin panas. Sebagian massa juga terlihat berusaha memukul petugas dengan tongkat.

Namun petugas bisa mengatasi dan mengamankan sejumlah orang yang tak menghiraukan peringatan petugas. Terlihat ada lima orang dari massa aksi yang diamankan petugas. Kelima orang itu dibawa ke arah Monas.

Selanjutnya ada di halaman berikutnya>>

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5