Polisi Amankan Ambulans-Peserta Aksi 1812, Rizal Kobar Siap Beri Bantuan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 18:03 WIB
Jakarta -

Polisi mengamankan sebuah ambulans dan sejumlah peserta aksi 1812 yang akan digelar di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Korlap aksi 1812, Rizal Kobar, mengaku baru mengetahui ada empat orang yang diamankan petugas kepolisian.

"Info yang saya dapat empat (orang yang diamankan) dari Jawara. Yang lain belum tahu, karena terpecah-pecah nih. Mungkin masih banyak lagi," kata Rizal di Masjid Al-Makmur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (18/12/2020).

Rizal menambahkan siap memberikan bantuan kepada orang-orang yang diamankan polisi agar bisa bebas. "Yang diamankan, saya siap membantu, nanti dari pihak hukum," tuturnya.

Untuk diketahui, polisi juga mengamankan sejumlah orang yang membawa senjata tajam dari aksi 1812. Mengenai hal ini, Rizal mengaku belum mendapat informasi tersebut.

Namun dia memastikan, orang-orang yang diamankan karena membawa senjata tajam bukanlah massa aksi 1812. Dia menyebut peserta aksi tidak diberi izin membawa senjata tajam.

"Saya nggak dapat info. Kalau ada pedang, saya sangat yakin kalau saya tidak mengizinkan peserta aksi seperti itu. Kalau itu saya tidak bertanggung jawab. Saya tidak mengimbau membawa senjata tajam. Sekali lagi, kalau ada yang tertangkap membawa sajam (senjata tajam), saya yakini itu bukan dari kami, bukan dari massa aksi 1812," ucapnya.

Selain itu, ada ambulans yang diamankan polisi dari aksi 1812. Rizal Kobar pun menerangkan belum mendapat informasi tersebut.

"Kalau itu diamankan, saya belum dapat kabar soal ambulans (yang diamankan) itu. Rencana nanti saya mau investarisir apa-apa saja nih kira-kira (yang diamankan polisi)," imbuh dia.

Diketahui, polisi mengamankan ratusan peserta aksi 1812 yang hendak menuju Istana Negara pada siang tadi. Polisi menemukan narkoba jenis ganja hingga senjata tajam dari ratusan peserta.

"Dari 155 yang kami amankan, ada yang ditemukan bawa ganja di daerah Depok. Ada yang ditemukan bawa senjata tajam juga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Monas, Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2