Round-Up

Deretan Hoax Meliputi FPI

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 12 Des 2020 21:34 WIB
Foto hoax jenazah laskar FPI tersenyum
Foto hoax jenazah laskar FPI tersenyum (Foto: dok. Istimewa)

Aparat kemudian memaksa mahasiswa bubar. Mahasiswa bertahan, lantas polisi menembakkan gas air mata berulang kali. Hingga pukul 16.30 WIB, polisi masih berupaya membubarkan paksa mahasiswa.

Terdengar dentuman suara tembakan gas air mata berulang kali pecah di kawasan gedung DPRD Riau. Mobil water cannon juga dikerahkan menyemprotkan air ke arah massa. Akibatnya, massa kocar-kacir.

Ambulans FPI dan ambulans lain hilir mudik mengevakuasi massa ke RS Awal Bros. Diketahui, RS Awal Bros berada satu ruas jalan dengan gedung DPRD Riau, yakni di Jalan Jenderal Sudirman, Tengkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau. Kedua gedung ini hanya berjarak sekitar 500 meter.

Mobil ambulans berlambang FPI tersebut pun akhirnya dihentikan paksa aparat. Sebab, imbas aksi penolakan UU Ciptaker, Jalan Sudirman di depan DPRD Riau sudah disterilisasi dari kendaraan. Namun mobil berwarna putih bergambar Habib Rizieq tersebut melintas di Jalan Sudirman.

Aparat lalu memaksa berhenti mobil ambulans berlambang FPI itu saat menerobos Jalan Sudirman di depan gedung DPRD Riau. Ada dua pria di dalam mobil tersebut, yakni satu orang sopir dan rekannya. Setelah dihentikan, keduanya dipaksa turun dari mobil.

Mobil Mitsubishi L300 tersebut akhirnya diamankan pihak aparat. Kedua pria yang belum diketahui identitasnya itu ditahan aparat keamanan.

Penembakan 6 Anggota Laskar FPI di Tol

Sebuah video beredar di media sosial (medsos) yang narasinya dikaitkan dengan peristiwa penembakan enam anggota laskar FPI di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek. Narasi tersebut dinyatakan tidak benar alias hoax.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyebut pihaknya telah melakukan pengecekan melalui Dittipid Siber Bareskrim Polri.

Menurut Awi, peristiwa itu terjadi di Kolombia.

"Info dari Dit TP Siber, di Kolombia itu," kata Awi kepada wartawan, Rabu (9/12/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5