Round-Up

Pendapat Dewan soal Plus Minus Calon Sekda DKI

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 12 Des 2020 21:06 WIB
Suasana terkini Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (1/12). Kantor Gubernur DKI Jakarta terpaksa harus tutup pasca Anies Baswedan positif dinyatakan COVID-19 berdasarkan hasil tes usap yang dilakukan Senin (30/11).  Sementara itu gedung utama Balai Kota yang terpisah dari kantor Gubernur Anies Baswedan tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan
Balai Kota DKI Jakarta (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Tiga nama lolos seleksi terbuka jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta menjadi sorotan anggota DPRD DKI Jakarta. Dewan angkat suara sosok Sekda impian.

Tiga nama calon Sekda DKI awalnya diumumkan dalam pengumuman nomor 11 tahun 2020 tentang Hasil Akhir Seleksi Terbuka Jabatan Sekretaris Daerah dan Deputi Gubernur di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020.

Pengumuman tersebut ditandatangani oleh Suharti selaku Ketua Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Tahun 2020.

Tiga nama yang lolos dalam seleksi terbuka Sekda adalah Sri Haryati, yang saat ini menjabat Asisten Sekda Bidang Ekonomi; Marullah Matali, yang saat ini menjabat Wali Kota Jakarta Selatan; dan Sigit Wijatmoko, yang saat ini menjabat Wali Kota Jakarta Utara.

Tiga nama tersebut telah diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Selanjutnya, Presiden Joko Widodo-lah yang akan menentukan sebagai Tim Penilai Akhir (TPA).

Ini Profil Sekda DKI Jakarta

1. Marullah Matali

Marullah Matali usia 52 tahun, kini menjabat sebagai Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan sejak 5 Juni 2018. ASN golongan IV-C ini memiliki pendidikan terakhir S2 Hukum Islam dari IAIN Jakarta.

Dilansir dari website Pemkot Jakarta Selatan, selatan.jakarta.go.id, terlihat ada sejumlah jabatan yang pernah dijabat Marullah. Di antaranya:

1. Staf Biro Bina Mental Spiritual Provinsi DKI Jakarta
2. Kepala Seksi Bina Lembaga Mental Dinas Bintal dan Kesos Prov. DKI Jakarta
3. Kepala Seksi Dinas Bina Mental Dinas Bintal dan Kesos Prov. DKI Jakarta
4. Kepala Sub Dinas Bina Mental Spiritual Dinas Bintal dan Kesos Prov. DKI Jakarta
5. Kepala Sekretariat Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta
6. Kepala Biro Pendidikan dan Mental Prov. DKI Jakarta
7. Asisten Deputi Gubemur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pariwisata
8. Asisten Deputi Gubemur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan
9. Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan

Marullah juga pernah mendapat penghargaan yakni, Penghargaan Masa Kerja 15 Tahun dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta (2011) dan Penghargaan Satyalancana Karya Satya KL. 1 dari Presiden RI (2012).

2. Sri Haryati

Sri Haryati kini menjabat sebagai Asisten Sekda Bidang Ekonomi, dia juga ditunjuk sebagai Plt khusus sebagai pejabat definitif Sekda. Sri Haryati meniti karier mulai dari CPNS di Pemprov DKI setelah lulus dari Fakultas Perikanan Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 1994. Selanjutnya, dia mengikuti program S2 di IPB tahun 2003 dan meraih gelar doktor pada tahun 2013 dari IPB.

Sri Haryati menjadi CPNS di Dinas Perikanan Pemprov DKI pada tahun 1997, kemudian menjadi PNS tahun 1998 pada Dinas Peternakan. Selanjutnya, pada tahun 2014, dia menjadi Kepala Suku Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Jakarta Utara pada tahun 2014.

Pada tahun yang sama, dia menjabat sebagai Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan. Kemudian, pada tahun 2016, Sri Haryati menjabat sebagai Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi DKI Jakarta.

3. Sigit Wijatmoko

Sigit Wijatmoko saat ini menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara. Dia dilantik menjadi wali kota Jakut pada Selasa (3/9/2019).

Sigit yang merupakan PNS golongan IV/B ini berpendidikan terakhir S2 Ilmu Pemerintahan di IPDN tahun lulus 1997.

Sejauh ini sudah ada 3 jabatan yang pernah didudukinya di Pemprov DKI. Di antaranya, Sekretaris Dinas Perhubungan 2015-2016, Wakil Dinas Perhubungan 2016-2019, dan terakhir Wali Kota Jakarta Utara 2019-sekarang.