PDIP Harap Awal 2021 DKI Punya Sekda Definitif: Makin Cepat, Makin Bagus

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 12 Des 2020 06:15 WIB
Gembong Warsono merupakan Wakil Ketua Bappilu PDIP
Gembong Warsono (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Panitia seleksi (pansel) telah mengirimkan tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). PDI Perjuangan DKI Jakarta berharap awal Januari 2021 Ibu Kota telah memiliki sekda yang baru.

"Iyalah nunggu Presiden. Tapi, kalau ditanya, makin cepat makin bagus, karena bagaimanapun kita harapkan awal tahun (2021), ini namanya sekda punya peran sentral untuk membangun sinergisitas antara eksekutif dan legislatif, sebagai komando penggerak. Selain jembatan tadi, mereka sebagai penggerak eksekutif. Semua kan sentralnya di sekda, ASN kita," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono kepada wartawan, Jumat (11/12/2020).

Gembong mengatakan sekda memiliki tugas membenahi kinerja aparatur sipil negara (ASN) di Ibu Kota, sehingga DKI Jakarta perlu segera memiliki sekda.

"Tugasnya kan membenahi peran ASN kita yang di DKI Jakarta ini yang menurut saya perlu digenjot oleh sekda yang baru supaya lebih proaktif menjemput persoalan masyarakat yang kemudian mereka mampu sebagai eksekutor, kemudian mampu menjawab persoalan-persoalan masyarakat," tuturnya.

Selain itu, Gembong mengatakan sekda harus menjadi jembatan antara DPRD dan Pemprov DKI Jakarta. Gembong tidak mempersoalkan siapa yang akan terpilih di antara tiga nama yang telah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Yang pasti, ketika bicara sekda, ini adalah sosok yang mampu menjadi jembatan antara eksekutif dan legislatif. Jadi sosoknya siapa tapi tupoksinya menjaga harmonisasi, membangun koordinasi antara eksekutif dan legislatif di mana sekda sebagai jembatannya. Kalau sosok tiga itu oke juga, tergantung Presiden siapa nanti yang dipilih," ucapnya.