2 Hari Jalan Kaki, Begini Beratnya Medan Antar Logistik Pilkada di Kalsel

M Risanta - detikNews
Senin, 07 Des 2020 19:37 WIB
Petugas KPU dikawan TNI-Polri mengantar logistik pemilu ke desa-desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel. Mereka harus berjalan kaki hingga dua hari (dok Istimewa)
Foto: Petugas KPU dikawan TNI-Polri mengantar logistik pemilu ke desa-desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel. Mereka harus berjalan kaki hingga dua hari (dok Istimewa)

Tiga tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di dua desa di HST memiliki jarak yang cukup jauh, yakni Desa Aing Bantai dan Desa Juhu yang masuk wilayah Kecamatan Batang Alai Timur (BAT). Hal itu terpaksa dilakukan karena kedua desa itu belum tersentuh pembangunan jalan.

Proses pengantaran logistik pemilu ini pun sempat viral. Sejumlah pihak mengapresiasi kegigihan petugas KPU bersama TNI-Polri berjuang mengantar surat suara dan kotak suara ke pedalaman Kalimantan Selatan.

Sementara itu Kapolsek Birayang Ipda Erikson dalam kesempatan pelepasan logistik pilkada menyampaikan bahwa TNI-Polri siap mengamankan penyelenggaraan Pemilu di daerah paling jauh di Kabupaten HST. Dia meminta doa agar para petugas diberikan kekuatan dan kesehatan hingga selesai pelaksanaan pilkada.

Petugas KPU dikawan TNI-Polri mengantar logistik pemilu ke desa-desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel. Mereka harus berjalan kaki hingga dua hari (dok Istimewa)Jalanan untuk ke tiap desa belum bisa ditempuh dengan sepeda motor apalagi mobil (dok Istimewa)

Sedangkan Danramil 1002-01/Birayang Kapten Inf Subhan mengatakan kegiatan pengamanan logistik untuk TPS terluar ini sebagai salah bukti soliditas TNI-Polri. Petugas dibekali pesawat telepon satelit untuk berkomunikasi.

"Medan yang terkadang landai kemudian disambut jalanan terjal dan mendaki serta menyeberangi sungai yang cukup lebar dan arus yang deras tidak menyurutkan bagi tim pengamanan logistik melaksanakan tugas pengabdian untuk negeri dalam mensuseksan pemilihan Pilkada Serentak 2020," kata Subhan.

Halaman

(jbr/jbr)