Sekeluarga di Sigi Dibunuh MIT, KPU Pastikan Distribusi Logistik Pilkada Aman

Mohammad Qadri - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 00:20 WIB
Distribusi logistik Pilkada Sigi
Distribusi logistik Pilkada Sigi (Foto: dok. KPU Sigi)
Sigi -

Sebanyak empat orang dalam satu keluarga dibunuh oleh kelompok sipil bersenjata yang tergabung dalam Mujahidin Indonesia Timur (MIT), di Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng pastikan jaminan keamanan dalam proses distribusi logistik Pilkada 2020 di Sigi.

Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming mengatakan bahwa logistik Pilkada 2020, kini sudah di distribusikan oleh petugas KPU dan dikawal ketat aparat TNI/Polri yang sudah ditugaskan untuk mengamankan Pilbub dan Pilgub Sulteng. Distribusi dilakukan lebih awal untuk bisa menjangkau daerah yang terpencil dan daerah yang masuk dalam kawasan operasi Satgas Tinombala.

"Hari ini, distribusi logistik Pilkada 2020 sudah mulai dilakukan sejak pagi tadi. Pengawalan diperketat saat logistik di distribusikan ke area Ops. Tinombala, apalagi di daerah yang belum lama ini terjadi aksi pembunuhan di Sigi dan kontak senjata di daerag Parigi Moutong,"ungkap Tanwir saat dihubungi pada Sabtu (5/12/2020) malam.

Menurut Tanwir, pengawalan diperketat pada distribusi logistik di Desa Lembantongoa, yang sebelumnya terjadi aksi kekerasan yang dilakukan MIT, sehingga menewaskan 4 orang warga yang juga masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) oleh KPU Sigi.

Sementara itu, Kapolda Sulteng Irjen Pol. Abd Rakhman Baso mengatakan bahwa fisik dan perlengkapan aparat untuk mengamankan serta mengsukseskan Pilkada 2020, sudah dipersiapkan. Kali ini, Polda Sulteng melibatkan 8.868 personel yang disebar di 13 kabupaten/kota di Sulteng.

"Distribusi APD dan logistik oleh KPU di daerah yang masuk dalam operasi, tetap dikawal sesuai dengan SOP serta dilengkapi dengan senjata api. Untuk di daerah Lembantengoa, trauma healing dan pendekatan masih terus dilakukan untuk memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat,"ucap Irjen Pol. Abd Rakhman Baso.

(lir/lir)