Antisipasi Sweeping Produk Prancis, Polres Jakpus Patroli Toko-Mal 24 Jam

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 11:07 WIB
Jakarta -

Seruan boikot produk Prancis menggema sebagai bentuk protes terhadap Presiden Emmanuel Macron yang dianggap membiarkan penghinaan Nabi Muhammad SAW oleh majalah Charlie Hebdo. Pihak kepolisian mengantisipasi aksi sweeping ormas yang mengarah pada tindak pidana.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto menjelaskan pihaknya akan meningkatkan pengamanan, terutama di pertokoan dan pusat perbelanjaan. Polisi mengantisipasi sweeping ormas yang berpotensi menimbulkan pidana.

"Oh, kalau itu kan kita kalau Indomaret, Alfamart, ada patrolinya. Sudah ada personel kita yang melakukan patroli, ada tim kita yang sehari-hari muter," kata Kombes Heru saat dihubungi detikcom, Kamis (5/11/2020).

Heru mengatakan pihaknya akan berpatroli 24 jam di minimarket dan pusat perbelanjaan. Hal ini untuk mencegah terjadinya tindak pidana yang dilakukan kelompok massa.

Heru menambahkan pihaknya akan menindak tegas jika ormas melakukan sweeping dengan cara merampas paksa produk dari pusat perbelanjaan.

"Oh, kalau dia mengambil dengan paksa, mencuri, tetap harus kita tindak," tegasnya.

Lebih lanjut Heru meminta masyarakat tidak terprovokasi melakukan tindakan anarkistis. Masyarakat diminta tidak melakukan tindakan frontal.