ADVERTISEMENT

Polisi: Tidak Ada Sweeping Produk Prancis di Jakpus, Mereka Beli Lalu Bakar

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 10:25 WIB
Ormas membeli produk Prancis di minimarket di Menteng, Jakpus, lalu membakarnya
Ormas membeli produk Prancis di minimarket di Menteng, Jakpus, lalu membakarnya. (Foto: dok. Polres Jakarta Pusat)
Jakarta -

Polres Jakarta Pusat memberikan penjelasan terkait aksi yang pembakaran produk Prancis oleh ormas di Menteng, Jakarta Pusat. Polisi menyebut tidak ada aksi sweeping ormas di minimarket tersebut.

"Dia beli barang-barang itu di Indomaret, kemudian dibawa keluar dan dibakar," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto saat dihubungi detikcom, Kamis (5/11/2020).

Heru mengatakan ormas tersebut dari kelompok Gerakan Pemuda Islam (GPI). Aksi pembakaran terjadi di posko GPI, Jalan Menteng Raya Nomor 58, Jakarta Pusat.

"Itu kan minimarket sama posnya Menteng 58 nggak jauh," katanya.

Heru tidak memerinci produk apa saja yang dibeli lalu dibakar oleh massa GPI. Ia juga tidak mengetahui berapa banyak produk yang dibeli oleh massa.

"Pokoknya produk-produknya Danone-lah. Totalnya berapa saya nggak tahu, karena pada saat beli di dalam terus keluar, ada satu tumpukan (produk) gitu," jelasnya.

Heru mengatakan tidak ada pidana terkait kejadian itu. Heru menyebut tidak ada pengambilan barang secara paksa yang dilakukan ormas tersebut.

"Pidananya nggak ada, dia beli di situ kok. Kecuali dia ambil secara paksa," tambahnya.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa, 3 November 2020. Kelompok massa GPI yang dipimpin oleh Diko Nugraha dan Sofyan mengunjungi minimarket tersebut di Menteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 13.43 WIB.

Seperti apa kejadiannya? Simak di halaman berikutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT