ADVERTISEMENT

NasDem soal Sekelompok Orang Sweeping Produk Prancis: Lebih Elegan Boikot

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 07:20 WIB
Willy Aditya
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Sekelompok orang dari Gerakan Pemuda Indonesia (GPI) melakukan sweeping terhadap produk-produk Prancis di sebuah minimarket di Menteng, Jakarta Pusat, dan kemudian membakarnya. Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan lebih elegan bila yang dilakukan adalah aksi boikot.

"Lebih tepat dan lebih elegan jika aksinya adalah aksi boikot produk. Itu justru lebih mencerdaskan," kata Willy kepada wartawan, Rabu (4/11/2020).

Menurutnya, akan terjadi proses diskursus bila masyarakat melakukan aksi boikot produk Prancis. Jika aksi boikot terjadi, kata Willy, maka Prancis akan bereaksi.

"Dengan seruan aksi boikot, sebuah negara akan menghiraukan tuntutan yang diminta. Seperti yang terjadi di beberapa negara di Timur Tengah beberapa hari kemarin. Prancis langsung bereaksi terhadap hal tersebut. Dengan demikian terjadi yang namanya aksi-reaksi," kata Willy.

Willy menyebut cara sweeping dengan membeli produk lalu membakarnya terkesan kurang efisien. Barang yang habis dibakar akan sia-sia.

"Itu salah satu bentuk ekspresi. Sah-sah saja, yang penting tidak merugikan penjualnya. Beda kalau aksinya dengan cara merugikan penjual, itu tentu tidak benar," ungkap Willy.

Willy mengutarakan apa yang terjadi di Prancis dapat dijadikan sebuah pelajaran bagi semua pihak. Begini kata Willy, di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT