Round-Up

Kisah Awal Mula Collab Refly Harun-Gus Nur

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 06:01 WIB
gus nur
Tangkapan layar kolaborasi Gus Nur dan Refly Harun. (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Gus Nur harus meringkuk di sel tahanan karena ucapannya yang diduga menghina Nahdlatul Ulama (NU) dalam unggahan di YouTube. Ucapan tersebut dilontarkan saat Gus Nur collab dengan pakar hukum Refly Harun. Bagaimana awal mula keduanya bisa collab?

Saat memenuhi panggilan pemeriksaan Bareskrim Polri, Refly menjelaskan awal mula pembuatan video tersebut. Refly mengaku dihubungi Gus Nur untuk berkolaborasi membuat konten pada pertengahan Oktober 2020.

"Saya itu ditelepon tanggal 12 Oktober oleh Gus Nur untuk ngajak yang namanya kolaborasi. Kenapa begitu? Ya saya kira apple to apple saja karena subscriber dia itu sudah 500 ribu lebih, saya juga 600 ribu, jadi dalam dunia per-YouTube-an biasa itu collab (kolaborasi) dan terjadilah interview itu," ujar Refly kepada wartawan di gedung Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (3/11/2020).

Video kolaborasi Gus Nur dan Refly diunggah di channel YouTube MUNJIAT Channel. Channel tersebut memiliki subscriber di atas 525 ribu. Munjiat sendiri merupakan nama anak dari Gus Nur.

Refly mengatakan isi konten dalam video tersebut membicarakan banyak hal. Menurut Refly, metode yang digunakan dalam pembuatan konten video tersebut adalah saling bertanya, yang diawali dari pertanyaan Gus Nur kepada dirinya.

"Dan kalau kita lihat interview-nya kan tidak hanya bicara soal yang hanya dipermasalahkan, tapi bicara hal yang banyak sekali dan metodenya adalah dia bertanya dulu, lalu kemudian saya bertanya," ungkap Refly.

Refly meminta agar tidak langsung menghakimi konten tersebut. Simak di halaman selanjutnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6