Refly Harun Pastikan Tak Pancing Gus Nur

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 12:44 WIB
Pakar hukum
Refly Harun (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta -

Refly Harun memastikan dia tak memancing Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur untuk melontarkan pernyataan yang diduga memuat hinaan terhadap Nahdlatul Ulama (NU) dalam konten kolaborasi di YouTube. Refly mengatakan Gus Nur akan menjawab hal yang sama jika ditanya orang lain.

"Dengar nggak rekaman dia ngomong. Kan Gus Nur bilang ditanya siapa pun kalau soal itu dia akan jawabnya sama gitu loh," kata Refly di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/11/2020).

Refly menyampaikan hal tersebut sebagai tanggapan terhadap wawancara eksklusif detikcom dengan Gus Nur.

Refly menegaskan tak ada yang salah terkait pertanyaan yang dilontarkan dirinya. Dia juga memastikan tak menjebak Gus Nur.

"Iya nggak ada yang salah, salahnya di mana gitu loh karena ketika orang lain yang nanya ya dia akan jawab yang sama. Kalau namanya mancing itu adalah dia terjebak itu mancing. Tapi kalau dia akan menjawab hal yang sama, coba lihat lagi rekamannya," kata Refly.

Refly lantas menjelaskan awal mula pembuatan video tersebut. Dia mengaku dihubungi Gus Nur untuk berkolaborasi membuat konten pada pertengahan Oktober lalu.

"Saya itu ditelepon tanggal 12 Oktober oleh Gus Nur untuk ngajak yang namanya kolaborasi. Kenapa begitu? Ya saya kira apple to apple saja karena subscriber dia itu sudah 500 ribu lebih, saya juga 600 ribu, jadi dalam dunia per-YouTube-an biasa itu colab (kolaborasi) dan terjadilah interview itu," ujar Refly.

Simak video 'Gus Nur Ngaku Terpancing Pertanyaan Refly Harun':

[Gambas:Video 20detik]



Simak penjelasan Refly soal kolaborasi konten di YouTube di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3