Ternyata Istri-Teman Wanita Hiendra Buron Kasus Nurhadi Sempat Diamankan KPK

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 16:54 WIB
Ali Fikri
Plt Jubir KPK, Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK menangkap buron terkait kasus suap-gratifikasi mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi, Hiendra Soenjoto, di kawasan BSD, Tangerang Selatan. Tak hanya Hiendra, ternyata KPK juga turut mengamankan istri dan teman wanita Hiendra.

"Selain menangkap DPO tersangka HS, penyidik KPK pada tanggal 29/10/2020 juga mengamankan 2 orang yaitu: teman HS yang bernama VC, dan LI selaku istri tersangka HS," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Jumat (30/10/2020).

Ali menyebut keduanya turut diamankan untuk diperiksa. Namun, keduanya hanya diperiksa dan tidak ditahan.

"Keduanya saat ini telah selesai dilakukan pemeriksaan oleh penyidik KPK dan telah kembali ke tempat masing-masing," ujar Ali.

Istri dan teman Hiendra diperiksa mengenai kedekatan dengan Hiendra. Selain itu, KPK mendalami pengetahuan keduanya tentang biaya hidup Hiendra selama menjadi DPO KPK.

"Disamping itu juga mengenai sumber biaya hidup dan fasilitas lain selama tersangka HS menjalani pelarian sebagai DPO," katanya.

Ali juga mengimbau semua pihak yang berkaitan dengan kasus ini bersikap kooperatif dan taat pada hukum. "Oleh karenanya, KPK mengingatkan kepada pihak-pihak yang mengetahui dugaan kesengajaan merintangi dan menghalangi penyidikan dalam perkara tersangka HS ini untuk bersikap kooperatif," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2