Diburu 8 Bulan, Hiendra Soenjoto Buron Kasus Nurhadi Ditangkap di BSD Tangsel

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 19:21 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Gedung Baru KPK. Peresmian Gedung Baru KPK ini disebut sebagai semangat baru pemberantasan korupsi. Hadir pula Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono pada acara ini. Selain itu ada Mnteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Kapolri, Ketua MA, serta Jaksa Agung. Agung Pambudhy/detikcom.
Gedung KPK (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

KPK menangkap buron kasus suap-gratifikasi eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi, Hiendra Soenjoto. Hiendra ditangkap di kawasan BSD Tangerang Selatan.

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar mengatakan penangkapan terhadap Hiendra dilakukan pada Kamis (29/10/2020). Lili mengatakan, sejak penetapan DPO pada Februari 2020, KPK bekerja sama dengan Polri terus mencari keberadaan Hiendra.

"Sejak ditetapkan jadi DPO, KPK dibantu polisi aktif cari DPO dan menggeledah sejumlah rumah di Jakarta dan Jawa Timur," kata Lili dalam konferensi pers di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (29/10/2020).

Kemudian Lili mengatakan tim KPK mendapatkan informasi dari masyarakat terkait keberadaan Hiendra di kawasan BSD, Tangerang Selatan. Hiendra diketahui tinggal di sebuah apartemen di BSD tersebut.

"(Pada) 28 Oktober penyidik dapat informasi dari masyarakat HSO datang ke apartemen di BSD pada pukul 15.00 WIB. Dari info itu, KPK koordinasi dengan pihak apartemen dan security untuk mengintai dan masuk ke unit," ujar Lili.

Kemudian pada Kamis (29/10), tim KPK dibantu pihak apartemen langsung menyergap Hiendra. Hiendra langsung dibawa ke gedung KPK.

"(Pada) 29 Oktober, teman HS keluar untuk ambil barang. Penyidik langsung masuk dan menangkap HS," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2