Ini Data Kasus Positif COVID-19 Mingguan Berdasarkan Ranking Baru

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 18:01 WIB
Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto: detikcom
Jakarta -

Satgas COVID-19 mengumumkan cara baru saat menyampaikan perkembangan kasus positif, kasus sembuh dan meninggal dunia COVID-19 di Tanah Air, yakni menggunakan metode ranking atau peringkat. Begini data Corona di RI berdasarkan ranking baru itu.

"Kali ini kami akan menyampaikan dalam bentuk ranking atau peringkat dari penambahan kasus positif, kasus sembuh dan kasus meninggal di 34 provinsi di Indonesia," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB Indonesia, Selasa (20/10/2020).

Satgas COVID-19 membandingkan peringkat provinsi-provinsi di beberapa pulau selama 2 pekan ke belakang, yaitu pada 4 Oktober, 11 Oktober, dan 18 Oktober, berdasarkan kasus positif, sembuh, dan meninggal dunia. Hal itu bertujuan melihat daerah yang berkembang ke arah yang stabil baik, stabil kurang baik, ataupun terus mengalami penurunan.

"Untuk kasus positif dan meninggal, semakin tinggi peringkat, maka perkembangannya semakin kurang baik," kata Wiku.

"Sedangkan untuk kasus sembuh, semakin tinggi peringkat, maka perkembangannya semakin baik. Pada kasus positif terlihat terdapat provinsi berada di provinsi cukup stabil baik. Artinya kasus positif mingguan masih dapat dikendalikan dengan baik sehingga peringkatnya dapat ditekan agar di bawah 20," kata Wiku.

1. Pulau Sumatera

Adapun daerah yang kasus positifnya di peringkat stabil baik di Provinsi Sumatera adalah Sumatera Utara dan Sumatera Selatan. Wiku mengatakan artinya kasus positif mingguan di provinsi tersebut masih dapat dikendalikan dengan baik.

"Pada kasus positif terlihat bahwa provinsi yang berada di peringkat stabil baik, artinya kasus positif mingguan masih dapat dikendalikan dengan baik sehingga peringkatnya dapat ditekan agar terus di bawah 20," ucapnya.

Peringkat Kasus Positif Sumatera Utara
4 Oktober: Peringkat 18
11 Oktober: Peringkat 20
18 Oktober: Peringkat 21

Peringkat Kasus Positif Sumatera Selatan
4 Oktober: Peringkat 20
11 Oktober: Peringkat 21
18 Oktober: Peringkat ke 25

Sementara itu, ada pula provinsi yang perkembangan kasus positifnya di peringkat ke arah yang kurang baik di Pulau Sumatera. Provinsi tersebut adalah Sumatera Barat dan Riau.

Peringkat Kasus Positif Sumatera Barat
4 Oktober: Peringkat 24
11 Oktober: Peringkat 7
18 Oktober: Peringkat 1

Peringkat Kasus Positif Riau
4 Oktober: Peringkat 2
11 Oktober: Peringkat 29
18 Oktober: Peringkat 3

Lebih lanjut, Wiku juga mengumumkan perkembangan kasus sembuh yang dinilai berada di peringkat ke arah yang kurang baik di Pulau Sumatera. Daerah tersebut ada di Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Selatan.

"Jika dilihat kasus sembuh, maka terdapat 3 provinsi dengan perkembangan signifikan ke arah yang kurang baik, yaitu Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Selatan," ucap Wiku.

Peringkat Kasus Sembuh Sumatera Utara
4 Oktober: Peringkat 3
11 Oktober: Peringkat 11
18 Oktober: Peringkat 31

Peringkat Kasus Sembuh Riau
4 Oktober: Peringkat 2
11 Oktober: Peringkat 32
18 Oktober: Peringkat 33

Peringkat Kasus Sembuh Sumatera Selatan
4 Oktober: Peringkat 4
11 Oktober: Peringkat 22
18 Oktober: Peringkat 29

Kemudian, Wiku juga mengumumkan peringkat kasus meninggal dunia di Sumatera. Wiku menyebut Provinsi Riau merupakan daerah yang berada di peringkat stabil kurang baik.

"Kepulauan Riau adalah provinsi yang mengalami perkembangan cukup stabil kurang baik, yakni dengan peringkat kasus meninggal yang tinggi," kata Wiku.

Peringkat Kasus Meninggal Riau
4 Oktober: Peringkat 15
11 Oktober: Peringkat 3
18 Oktober: Peringkat 9

Peringkat Kasus Meninggal Sumatera Selatan
4 Oktober: Peringkat 24
11 Oktober: Peringkat 20
18 Oktober: Peringkat 4

Sementara itu, Satgas COVID-19 memberikan apresiasi kepada Sumatera Utara yang dianggap berhasil menjaga wilayahnya agar berada di peringkat stabil baik. Serta kepada Sumatera Barat dan Jambi yang bekerja keras untuk menekan angka kasus meninggal sehingga terjadi perubahan signifikan ke arah yang lebih baik.

Peringkat Kasus Meninggal Sumatera Barat
4 Oktober: Peringkat 3
11 Oktober: Peringkat 25
18 Oktober: Peringkat 31

Peringkat Kasus Meninggal Jambi
4 Oktober: Peringkat 9
11 Oktober: Peringkat 15
18 Oktober: Peringkat 29

2. Pulau Jawa, Bali, dan sekitarnya

Pulau Jawa serta Bali, NTT, dan NTB mengalami perkembangan signifikan ke arah yang baik untuk kasus positif mingguan. Daerah tersebut di antaranya Jawa Barat dan Bali.

Kasus Positif Jawa Barat
4 Oktober: Peringkat 34
11 Oktober: Peringkat 2
18 Oktober: Peringkat 33

Kasus Positif Bali
4 Oktober: Peringkat 9
11 Oktober: Peringkat 30
18 Oktober: Peringkat 30

Lebih lanjut Satgas COVID-19 menyampaikan daerah yang mengalami perkembangan kasus positif di peringkat stabil baik, yaitu DKI Jakarta. Wiku menyebut DKI Jakarta dapat menekan angka kasusnya sehingga berada di peringkat bawah.

"Artinya DKI Jakarta dapat menekan angka kasusnya sehingga berada di peringkat bawah, yakni 23 menjadi 34 dan bertahan di peringkat 34 pada tanggal 18 Oktober," ucap Wiku.

Kasus Positif DKI Jakarta
4 Oktober: Peringkat 23
11 Oktober: Peringkat 34
18 Oktober: Peringkat 34

Namun, terdapat provinsi dengan perkembangan kasus positif yang kurang baik, yaitu Jawa Tengah dan NTB. Wiku mengatakan pada dua daerah ini mengalami lonjakan kasus positif yang signifikan.

Kasus Positif Jawa Tengah
4 Oktober: Peringkat 11
11 Oktober: Peringkat 1
18 Oktober: Peringkat 6

Kasus Positif NTB
4 Oktober: Peringkat 16
11 Oktober: Peringkat 28
18 Oktober: Peringkat 5

Sementara itu, kasus sembuh secara umum di Pulau Jawa cenderung stabil dan mengalami peningkatan. Wiku mengatakan Bali berhasil mempertahankan peringkatnya berada di 20 besar peningkatan kesembuhan terbanyak.

Selanjutnya, terdapat 4 provinsi yang mengalami perubahan signifikan ke arah yang lebih baik. Keempat provinsi tersebut adalah Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.

Sedangkan kasus meninggal di Pulau Jawa cenderung mengalami perbaikan. NTB dan Bali berada pada peringkat yang cukup stabil baik, artinya selalu menjaga berada di peringkat di bawah 20.

Sedangkan Jawa Timur dan Jawa Barat mengalami perubahan signifikan ke arah yang baik, dari sebelumnya berada 10 besar pada 4 Oktober kemudian berada di peringkat di bawah 30 pada 18 Oktober.

Satgas COVID-19 memberi perhatian kepada Jawa Tengah dan Banten yang mengalami perubahan signifikan ke arah yang kurang baik.

Kasus Meninggal Jawa Tengah
4 Oktober: Peringkat 34
11 Oktober: Peringkat 2
18 Oktober: Peringkat 1

Kasus Meninggal Banten
4 Oktober: Peringkat 32
11 Oktober: Peringkat 8
18 Oktober: Peringkat 3

Selanjutnya
Halaman
1 2