Pemprov DKI Jakarta Borong 9 Penghargaan di Bidang Komunikasi-Kehumasan

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 18:12 WIB
Pj. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati
Foto: Pemprov DKI Jakarta
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta menjadi juara umum Kategori Pemerintah Provinsi dalam Kompetisi Kinerja Komunikasi di ajang Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2020.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga meraih PR Indonesia Most Popular Leader in Social Media 2020 Kategori Gubernur dalam Ajang The 6th Jambore PR Indonesia (JAMPIRO) 2020.

"Komunikasi adalah Kunci dalam penyelenggaraan Pelayanan Publik yang Prima di Jakarta" ungkap Pj. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati dalam keterangan tertulis, Senin (19/10/2020).

Sri menyampaikan Pemprov DKI Jakarta dalam beberapa tahun terakhir sangat fokus terhadap pengembangan komunikasi efektif dan efisien serta strategis dalam menyampaikan informasi, inovasi dan berbagai kebijakan publik serta capaian maupun kinerja Pemprov DKI Jakarta. Hal itu dilakukan agar dapat diketahui secara masif oleh masyarakat selaku penerima manfaat dari berbagai program yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta

"Saya mengapresiasi atas terselenggaranya Kegiatan The 5th PR INDONESIA Awards (PRIA) 2020 dan The 6th Jambore PR INDONESIA (Jampiro) 2020," imbuh Sri.

Ia mengapresiasi penyelenggara PRIA dan Jampiro 2020 yang tetap konsisten untuk mewujudkan komitmen PR Indonesia sebagai barometer dunia komunikasi, khususnya kehumasan di Indonesia melalui penilaian kinerja komunikasi/kehumasan di Indonesia pada segala sektor, mulai dari Kategori Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD dan Swasta serta Praktisi Komunikasi, meskipun dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Terlebih PR Indonesia berkolaborasi bersama para pakar, akademisi, praktisi senior dan tokoh yang sangat kompeten di bidang komunikasi untuk menilai secara komprehensif kepada seluruh peserta kompetisi sehingga menjadi Pemenang dalam ajang ini adalah Hal yang sangat membanggakan," imbuh Sri.

Sri menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Pemprov DKI Jakarta dalam ajang tersebut. Ia turut mengapresiasi Dinas PM dan PTSP yang telah berhasil bersaing dengan 534 peserta yang terdaftar di kompetisi tersebut.

"Terima kasih telah mengharumkan nama Pemprov DKI Jakarta di kancah nasional melalui Ajang PR Indonesia Awards 2020. Saya harap hal baik ini dapat terus dipertahankan pada tahun-tahun mendatang,"tambah Sri.

'Urus Izin Sendiri itu Mudah' Menuai Pujian

Sementara itu, Founder dan CEO PR Indonesia Group Asmono Wikan menyampaikan selamat atas prestasi yang diraih oleh Pemprov DKI Jakarta dalam berbagai penghargaan yang diselenggarakan oleh PR Indonesia tahun 2020.

"Apa yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta khususnya DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta sangat menginspirasi bagi dewan juri dan kami selaku penyelenggara PRIA 2020. Program Komunikasi/Kehumasan melalui kampanye publik Urus Izin Sendiri itu Mudah telah berhasil mengubah stigma dan membangun kepercayaan,"ungkap Asmono.

Pria yang juga aktif sebagai Sekretaris Jenderal Serikat Perusahaan Pers (SPS) pusat ini mengatakan salah satu Juri dalam ajang tersebut juga menyampaikan kekaguman terhadap kinerja DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta sebagai perangkat daerah yang mampu melakukan berbagai program komunikasi yang kualitas setara.

Bahkan melebihi program komunikasi yang dilakukan korporasi besar di Indonesia. Hal yang menarik adalah berbagai program komunikasi yang membanggakan tersebut dilakukan oleh pihak internal (in house) DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dan berkolaborasi bersama berbagai publik internal dan publik eksternal pemerintah.

"Para pemimpin terkemuka dunia dan Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Rasyid Baswedan telah menyampaikan bahwa saat ini merupakan abad kolaborasi dan saya rasa informasi menjadi batubara yang sangat penting untuk disematkan di dalam perspektif kolaborasi tersebut demi kemajuan bersama," papar Asmono.

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Benni Agus Candra sangat mengapresiasi dan bangga atas prestasi jajarannya yang telah berhasil berkompetisi dengan para praktisi komunikasi/kehumasan di Indonesia.

"Tujuan utama kami mengikuti ajang PRIA 2020 adalah untuk berjejaring dengan praktisi komunikasi di Indonesia, sehingga menjadi pemenang adalah anugerah tersendiri atas Berkah dan Rahmat Allah SWT," kata Benni.

Benni menambahkan dirinya mengapresiasi terselenggaranya PRIA 2020. Ia melihat banyak praktisi komunikasi yang telah dikenal baik oleh publik bahkan pemimpin daerah pun juga turut berpartisipasi dalam kompetisi tersebut dengan mempresentasikan program komunikasi terbaiknya secara langsung di hadapan dewan juri.

"Bangga rasanya, jajaran kami dapat berbagai informasi dan pengetahuan yang dimiliki bersama orang- orang hebat baik para dewan juri maupun peserta kompetisi di ajang PRIA 2020. Hal ini juga sebagai sarana untuk memperluas kampanye publik yang kami lakukan yaitu, Urus Izin Sendiri itu Mudah," urai Benni.

Sebagai Informasi, PIRA 2020 diikuti oleh 534 entry kinerja komunikasi/kehumasan dari 109 Instansi yang terdiri dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, dan swasta, serta praktisi komunikasi/agency public relations. Ada 10 Kategori yang diselenggarakan, mulai dari Owned Media, Kanal Digital Website, Kanal Digital Social Media, Manajemen Krisis, Tata Kelola Kehumasan, Laporan Tahunan, Brand Guideline, Program PR, Program Digital PR hingga Departemen PR. Tim Dewan Juri terdiri dari 15 orang yang merupakan jurnalis senior, fotografer senior, praktisi humas senior, ketua asosiasi, pakar branding, pakar desain, akademisi, pakar CSR, pakar media sosial, dan pakar public relations.

Selain Pemprov DKI Jakarta, pemenang Platinum (juara umum) PRIA 2020 juga diberikan kepada masing- masing kategori pemenang, yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bank Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Pemerintah Kota Semarang, PT Pertamina (persero), PT Petrokima Gresik, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk, dan Danone Indonesia.

Ini merupakan kali pertama Pemprov DKI Jakarta melalui DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta mengikuti ajang tahunan kompetisi kinerja komunikasi/ kehumasan di Indonesia tersebut. Di tahun pertama, Pemprov DKI berhasil menyabet Penghargaan tertinggi pemenang Platinum kategori Pemerintah Provinsi dengan meraih 9 penghargaan sekaligus. Adapun penghargaan yang didapatkan, antara lain.

- Platinum Awards (juara umum) Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2020 kategori Pemerintah Provinsi

- Penghargaan Terpopuler di Media PRIA 2020 kategori Pemerintah Provinsi

- Best Presenter PRIA 2020 - Rinaldi, S.I.Kom., M.Si. kategori Pemerintah Provinsi

- Gold Winner Departemen PR PRIA 2020-Kinerja Bidang Penyuluhan dan Pengaduan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta

- Gold Winner PRIA 2020 - Media Sosial DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta @layananjakarta

- Silver Winner PRIA 2020 - Video Profil Jakarta Investment Centre; Silver Winner PRIA 2020 - Pra Krisis DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta

- Silver Winner PRIA - Program Government PR Urus Izin Sendiri itu Mudah

- Silver Winner PRIA 2020

- Program Digital PR Mini Seri di-AJIBin Aja.

(mul/mpr)