Warga Ramai Olahraga di HI Meski PSBB, Wagub DKI: Mendisiplinkan Tak Mudah

Wilda Nufus - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 12:06 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, tetap ramai dipadati warga yang berolahraga meskipun Pemprov DKI telah menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Bagaimana tanggapan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria?

"Ini terus kita upayakan, ya, sama-sama. Memang mendisiplinkan ini tidak mudah," kata Ariza kepada wartawan di Kali Sentiong, Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (18/10/2020).

Untuk itu, Ariza menerangkan pihaknya terus berupaya untuk menyempurnakan regulasi terkait PSBB. Dia menyebut pada Senin besok, pihaknya juga akan membuat peraturan daerah terkait penanganan COVID-19.

"Sekali lagi, terkait PSBB sudah sering kami sampaikan, pemerintah terus memperbaiki, menyempurnakan berbagai regulasi. Bahkan insyaallah Senin (19/10/2020), kita akan memiliki satu perda terkait penanganan COVID-19. Regulasi Pak Gubernur buat selain perda bersama DPRD, kita ada pergub, ada kepgub, surat edaran, sampai dinas wali kota, semua," tutur Ariza.

Ariza mengklaim warga Ibu Kota sudah lebih disiplin dibanding warga daerah lainnya. Untuk itu, ia meminta masyarakat lebih meningkatkan kedisiplinan itu agar pelonggaran-pelonggaran bisa terus dilakukan.

"Jadi sekali, kita mohon warga Jakarta, tentu kami berterima kasih, ya, warga Jakarta, termasuk warga, kalau kami lihat dibandingkan beberapa daerah termasuk warganya yang cukup disiplin. Tapi disiplinnya perlu ditingkatkan terus, ya. Jadi sekali lagi mari kita patuh, taat, disiplin, supaya kita bisa melakukan pelonggaran-pelonggaran. Jadi pelonggaran-pelonggaran itu bergantung pada kepatuhan dan ketaatan kita semua," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta kembali menerapkan PSBB transisi. Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, tetap ramai dipadati warga untuk berolahraga pagi ini.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (18/10), pukul 07.15 WIB, kawasan ini masih ramai pesepeda dan pelari. Pesepeda tampak lebih mendominasi melintas dari segala arah. Pesepeda terdiri atas berbagai kalangan mulai dari anak-anak, orang tua, hingga kaum muda-mudi. Mereka terlihat mengayuh mengelilingi Bundaran HI.

Selain pesepeda, ada juga pelari dan pejalan kaki. Pesepeda dan pelari nampak sudah mengenakan masker namun sesekali ada juga yang menurunkan maskernya di dagu.

Tonton juga 'DKI Terapkan PSBB Transisi, Bundaran HI Kembali Dipadati Warga':

[Gambas:Video 20detik]

(zak/zak)