Round-Up

Penjarahan ITC Roxy Mas oleh Massa Ternyata Isapan Jempol Belaka

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 10 Okt 2020 06:30 WIB
Sebuah video kepanikan karyawan di ITC Roxy Mas, Jakarta, viral dan dinarasikan kejadian penjarahan massa. Video itu direkam oleh oknum SPG yang bekerja di sana
Foto: Gedung ITC Roxy Mas (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Sebuah video beredar memperlihatkan ketegangan seorang sales promotion girl (SPG) di ITC Roxy Mas, Jakarta Pusat, viral di media sosial. Video itu kemudian dinarasikan sebagai kejadian penjarahan di ITC Roxy Mas.

Video ini beredar tepat di hari yang sama terjadinya aksi demo penolakan omnibus law UU Cipta Kerja, Kamis (8/10). Tetapi faktanya, tidak ada penjarahan oleh massa di ITC Roxy Mas saat itu.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengatakan tidak ada penjarahan di ITC Roxy Mas, Jl KH Hasyim Ashari. Heru mengatakan massa memang sempat hendak masuk ke lobi ITC Roxy Mas saat kericuhan terjadi pada Kamis (8/10).

"Nggak ada. Itu kan massa kita dorong, kemudian pada berlarian, mungkin ada yang masuk ke Roxy," ujar Kombes Heru Novianto saat dihubungi detikcom, Jumat (9/10/2020).

Heru mengatakan pihaknya akan mengecek ke lokasi untuk memastikan kejadian yang sesungguhnya. Sementara itu, pihak kepolisian tidak menerima laporan adanya penjarahan di ITC Roxy Mas.

"Sampai sekarang kita tidak ada laporan warga ataupun pedagang di sana yang dijarah, nggak ada. Kalau mereka mengalami, itu kan pasti sudah melapor ke kita," katanya.

Pengelola ITC Roxy Mas memastikan tidak ada penjarahan saat demo berlangsung. Aktivitas di mal kondusif saat demo terjadi.