Round-Up

Sindikat di Sumsel Bobol Akun Bank-Ojol, Rp 21 M Berhasil Digondol

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 07:59 WIB
Konferensi pers kasus pembobolan bank yang rugikan Rp 146 M di Mabes Polri
Duit dan sindikat pelaku pembobolan rekening (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Ulah sindikat ini tidak main-main. Sebanyak Rp 21 miliar digondol oleh mereka dari akun-akun nasabah bank dan aplikasi transportasi daring (online), Grab. Untungnya, polisi berhasil membekuk komplotan pembobol rekening ini.

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menangkap sindikat di Sumatera Selatan itu setelah menerima laporan dari pihak bank, masyarakat, dan pihak Grab.

"Kasus pengambilalihan akun rekening atau one time password (OTP)," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono di Markas Besar Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/10/2020).

Semua ini adalah ulah 10 anggota sindikat di Sumsel. Pelaku berinisial berinisial AY (19), YL (25), GS (26), K (53), J (50), RP (18), KS (28), CP (27), PA (38), dan AH (34).

Pada pukul 04.00 WIB menjelang subuh, mereka semua ditangkap polisi di tiga lokasi berbeda di kawasan Sumatera Selatan, yakni di Luwung Gajah, Tulung Selapan, dan Palembang.

"Jadi dengan berbagai teknis daripada cyber crime, tim ini kemudian bergerak dan menemukan pelaku di daerah Sumsel," kata Argo.

Gara-gara mereka, 3.070 rekening nasabah bank kebobolan dan duitnya mengucur ke kantong sindikat itu. Pihak Grab mengalami kerugian Rp 2 miliar, sisanya mayoritas adalah kerugian dari pihak bank.

"Didapatkan bahwa pelaku ini sejak 2017 sampai sekarang, dia sudah melakukan illegal access akun sekitar 3.070 rekening," jelas Argo.

Konferensi pers kasus pembobolan bank yang rugikan Rp 146 M di Mabes PolriKonferensi pers kasus pembobolan bank yang rugikan Rp 146 M di Mabes Polri. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)

Tonton video 'Pembobol Rekening Bank dan Grab yang Beraksi di Hutan Diciduk Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2