Perludem: PKPU Belum Jangkau Sanksi Tegas-Inovasi Pemungutan Suara Pilkada

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 03 Okt 2020 13:33 WIB
Titi Anggraini
Titi Anggraini (Ari Saputra/detikcom)

Selain itu, Titi pun menyoroti inovasi soal kotak suara keliling yang harusnya diperlukan untuk pemilih yang sakit ataupun sedang melakukan isolasi mandiri. Menurutnya, hal ini juga masih belum ada dalam undang-undang soal pilkada.

"Kedua adalah akses untuk mewadahi hak pilih mereka yang sakit yang sedang isolasi mandiri di rumah yang sedang dirawat di rumah sakit itu kan tidak boleh diabaikan hak pilihnya, tapi instrumen undang-undang itu tidak mengenal yang namanya kotak suara keliling. Padahal, untuk menjangkau mereka itu, perlu kotak suara keliling," ucapnya.

Titi kemudian meminta pemerintah menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) terkait pelaksanaan pilkada saat pandemi. Hal ini dimaksudkan guna mengakomodasi penguatan sanksi dan pengaturan khusus pilkada di masa pandemi.

"Betul, yang paling mungkin perppu, dan mengatur dua hal tadi. Soal penguatan sanksi, dan kedua soal special voting arrangement atau pengaturan khusus untuk pemungutan penghitungan suara," tuturnya.

Diketahui, pemerintah tetap akan melaksanakan pilkada di tengah wabah pandemi COVID-19. Pilkada serentak akan dilakukan oleh 273 daerah pada 9 Desember 2020.


(hel/lir)