Dukung Mendagri, Gerindra Akan Bikin Seruan Bagikan Masker di Kampanye

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 03 Okt 2020 09:57 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad usai menghadiri rapat Baleg DPR dengan Apindo perihal RUU Cipta Kerja, di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (28/82020).
Sufmi Dasco Ahmad (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta -

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyerukan kepada pasangan calon (paslon) yang diusung pada Pilkada 2020 untuk mengikuti permintaan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Dasco menyebut paslon akan menjadikan masker dan hand sanitizer sebagai alat peraga kampanye (APK).

"Ide yang baik akan diadopsi oleh Gerindra dan kita akan meminta paslon dari Partai Gerindra yang diusung untuk kemudian ikut arahan dari Pak Mendagri sebagai ide yang baik, sebagai salah satu upaya untuk mencegah penularan COVID-19," kata Dasco saat dihubungi, Jumat (2/10/2020).

Dasco kemudian mengapresiasi permintaan Tito tersebut. Dia menyebut permintaan Mendagri adalah ide yang baik.

"Apresiasi ide dari Pak Mendagri Tito Karnavian yang meminta agar paslon kampanye dengan membagikan masker dan hand sanitizer kepada warga," katanya.

Dasco mengatakan jumlah masker dan hand sanitizer yang akan dibagikan kepada warga akan disesuaikan dengan daerah tempat paslon berkontestasi. Wakil Ketua DPR RI itu menyebut dalam waktu dekat Gerindra akan membuat seruan itu.

"Ya itu sifatnya nggak ada jumlahnya, nanti kita akan sesuaikan di daerah yang terutama paslon Gerindra minta mereka berkampanye salah satunya dengan cara itu. Nanti kita buat seruan," jelas dia.

Untuk diketahui, Mendagri Tito Karnavian meminta pasangan calon Pilkada 2020 berkampanye dengan menggunakan APK yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tito meminta paslon menggunakan APK yang mendukung pencegahan COVID-19, seperti masker.

"Tolong sampaikan kepada para kontestan dan timses untuk membagikan sebanyak-banyaknya alat proteksi masker. Tapi beda, bukan masker biasa. Masker dengan ada gambar paslon, nomornya, pesannya apa, 'pilih saya, COVID daerah kita akan aman', misalnya, 'yang PHK tidak ada'. Yang namanya janji boleh saja," kata Tito dalam rapat 'Analisis dan Evaluasi Kampanye Pilkada Serentak 2020', di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (2/10/2020).

Tito mengatakan APK berupa alat pencegahan COVID-19 itu bisa dikemas sedemikian rupa. Menurutnya, pembagian masker ataupun hand sanitizer saat kampanye dapat mendukung pencegahan COVID-19 di Indonesia.

(lir/gbr)