Round-Up

Dugaan Keterlibatan Petugas LP Tangerang di Balik Kaburnya Cai Changpan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 03 Okt 2020 07:32 WIB
Cai Cangphan, Narapidana Narkoba yang Kabur dari Lapas Tangerang
Cai Changpan. (Dok. Dttipidnarkoba Bareskrim Polri)
Jakarta -

Fakta mengejutkan terungkap dalam kasus kaburnya narapidana Cai Changpan dari Lapas Klas I Tangerang. Kaburnya WN China terpidana mati kasus narkoba itu ternyata berjalan mulus lantaran ada indikasi kuat keterlibatan oknum Lapas Tangerang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut, ada dua orang petugas Lapas Tangerang diduga terlibat dalam kaburnya WN China itu. Keduanya adalah seorang sipir inisial S dan PNS inisial S.

"Sudah kita lakukan gelar perkara awal dari penyelidikan dan sudah naik ke tingkat penyidikan untuk keterlibatan. Ada indikasi sementara ini dua pegawai sipir melakukan kelalaian yang bisa dipersangkakan Pasal 426 KUHP," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Jumat (2/10/2020).

Pasal 426 ayat 1 berbunyi:

"Pegawai negeri yang diwajibkan menjaga orang yang ditahan menurut perintah kekuasaan umum atau keputusan atau perintah hakim dengan sengaja membiarkan orang itu melarikan dirinya atau dengan sengaja melepaskan orang itu, atau dengan sengaja menolong orang itu dilepaskan atau melepaskan dirinya, dihukum penjara selama - lamanya empat tahun."

Polisi tengah mendalami indikasi keterlibatan dari kedua petugas Lapas tersebut. Menurut Yusri, pihaknya juga akan melakukan gelar perkara untuk menentukan status kemungkinan kedua petugas Lapas itu bisa dijadikan tersangka.

"Rencana hari ini (kemarin, red) kita mau gelarkan lagi untuk menentukan kedua orang ini yang sementara menjadi saksi, tapi rencana kita lakukan gelar perkara ya untuk menentukan meningkatkan apakah yang bersangkutan bisa ditentukan sebagai tersangka," papar Yusri.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3