Kabur ke Hutan, Cai Changpan Disebut Pernah Ikut Pendidikan Militer di China

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 17:39 WIB
Cai Cangphan, Narapidana Narkoba yang Kabur dari Lapas Tangerang
Foto: Dok. Dttipidnarkoba Bareskrim Polri
Jakarta -

Keberadaan napi Cai Changpan yang kabur dari Lapas Tangerang terindikasi berada di dalam hutan Tenjo, Bogor. Polisi mengatakan Cai Changpan diketahui pernah belajar militer di China sehingga punya kemampuan bertahan hidup di hutan.

"Karena yang bersangkutan ini memang pernah mengikuti pendidikan kemiliteran di China sana jadi bagaimana dia menghadapi survival itu dia memang sudah punya dasar," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Jumat (2/10/2020).

Cai Changpan sendiri bukan kali ini saja kabur dari sel tahanannya. Pada 2017, Cai Changpan melakukan hal serupa saat menjadi tahanan Bareskrim.

Yusri mengatakan saat berhasil ditemukan di pelarian pertamanya, warga negara China itu ditemukan tengah bersembunyi di dalam hutan.

Untuk itu, polisi meyakini Cai Changpan kini masih bersembunyi di hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

"Ada indikasi yang bersangkutan masih dalam hutan karena sejak pernah ditangani oleh Mabes Polri saat penangkapan juga sama dia melarikan diri itu juga sama ditemukan di daerah Sukabumi, di dalam hutan," papar Yusri.

Proses pencarian kepada Cai Changpan kini terus digencarkan oleh polisi. Tim gabungan yang terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Tangerang Kota, hingga tim Lapas Tangerang terus memburu napi gembong narkoba tersebut.

Total 14 saksi telah diperiksa dari kasus tersebut. Dua sipir Lapas Tangerang juga terindikasi terlibat membantu pelarian Cai Changpan.

(mei/mei)