Bantu Kabur Napi Cai Changpan, Sipir LP Tangerang Dapat Imbalan Rp 100 Ribu

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 16:35 WIB
Cai Cangphan, Narapidana Narkoba yang Kabur dari Lapas Tangerang
Cai Changpan. (Dok. Dttipidnarkoba Bareskrim Polri)
Jakarta -

Polisi mengungkap adanya keterlibatan sipir dan pegawai negeri sipil (PNS) Lapas Kelas I Tangerang terkait kaburnya narapidana Cai Changpan. Polisi menyebut sipir berinisial S itu menerima imbalan dari Cai Changpan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengungkap sipir tersebut membantu Cai Changpan membelikan alat penyedot air.

"Menurut keterangan dia membeli itu (alat penyedot air) dia dapet imbalan Rp 100 ribu ya, dia mengantar juga Rp 100 ribu itu keterangannya dari yang bersangkutan ya," kata Kombes Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (2/10/2020).

Yusri mengatakan pihaknya saat ini masih memeriksa kedua oknum tersebut. Polisi akan menentukan status keduanya usai gelar perkara.

"Kita masih dalami, mudah mudahan galar perkara selesai dan bisa dinaikkan statusnya dari saksi jadi tersangka," imbuhnya.

Seperti diketahui, Cai Changpan kabur dari selnya di Lapas Tangerang sejak 14 September lalu. Polisi menemukan sejumlah kejanggalan dari kaburnya gembong narkoba tersebut.

Kejanggalan tersebut di antaranya pihak Lapas Tangerang baru mengetahui napi Cai Changan kabur 11 jam setelah warga China tersebut hilang dari selnya.

Cai Changpan kabur dari sel setelah menggali lubang sepanjang 30 meter selama 8 bulan. Hasil penelusuran polisi, Cai Changpan saat ini diduga berada di dalam hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

(mei/mei)