Round-Up

Hadi Pranoto Mencari Jalan Damai di Kasus Klaim 'Obat Corona'

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 07:08 WIB
Muannas Alaidid bertemu Hadi Pranoto di Polda Metro Jaya
Muannas Alaidid bertemu dengan Hadi Pranoto di Polda Metro Jaya. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Kasus dugaan penyebaran berita bohong soal klaim 'obat Corona' Hadi Pranoto masih terus berlanjut. Di tengah perkara yang masih berproses, Hadi Pranoto mengupayakan damai dengan pelapor, Muannas Alaidid.

Ajakan damai itu terungkap setelah Hadi Pranoto bertemu dengan Hadi Pranoto di kedai kopi di Polda Metro Jaya pada Rabu (23/9) lalu. Pertemuan keduanya itu terjadi di sela-sela pemeriksaan lanjutan Hadi Pranoto.

Muannas Alaidid menjelaskan soal pertemuan dirinya dengan Hadi Pranoto tersebut. Menurut Muannas Alaidid, Hadi Pranoto menyampaikan keinginannya untuk berdamai dalam perkara tersebut.

"Kalau yang dibahas soal laporan yang berjalan, termasuk laporan kita. Ini saya tanya kan, 'ke situ (Polda Metro Jaya) ngapain?' 'Ini lagi diperiksa lagi laporan ini', 'oh gitu'. 'Terus bisa nggak Bang ada upaya perdamaian?' segala macam, ya kita belum tahu. 'Kalau ada peluang nanti coba dibicarakan', gitu lho, 'memungkinkan atau tidak, ya nanti lah kita coba'. Jadi di pertemuan itu ketemu nggak sengaja aja," ungkap Muannas, saat dihubungi pada Rabu (23/9/2020) malam.

Muannas sendiri menegaskan dia tidak akan mencabut laporannya. Muannas yang juga politisi PSI ini mengatakan, proses hukum yang akan menentukan Hadi Pranoto bersalah atau tidak.

"Kalau dari saya sih, saya nggak bisa (cabut laporan), itu kan bukan delik aduan. Kalau damai, maaf, ya nggak bisa, proses hukum jalan terus," ujar Muannas.

Terpisah, Tonin menjelaskan pertemuan, Hadi Pranoto-Muannas Alaidid yang juga dihadiri dirinya itu merupakan lanjutan dari proses mediasi yang memang tengah dilakukan keduanya saat ini.

"Jadi kami kan mundur sedikit ke sidang perdata di Jakarta Barat yang mengenai Pak Hadi gugat Pak Muannas. Kemarin di hadapan hakim kita mediasi. Dalam mediasi tersebut menuju titik perdamaian. Karena kalau dilihat dari sisi Mas Hadi dan Mas Muannas, saya sebagai pengacara tentu bukan perang yang saya cari, tapi saya pengen damai," kata Tonin ketika dihubungi detikcom, Kamis (24/9).

Selanjutnya
Halaman
1 2