8 Jam Diperiksa, Hadi Pranoto Dicecar soal Ramuan Herbal 'Obat Corona'

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 15:16 WIB
Penjelasan Pengacara soal Penamaan Obat Corona oleh Hadi Pranoto
Hadi Pranoto (kiri) dan pengacaranya di Polda Metro Jaya. (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta -

Hadi Pranoto melanjutkan pemeriksaan terkait kasus dugaan penyebaran berita bohong soal 'obat Corona' di Polda Metro Jaya, Rabu (23/9) kemarin. Pengacara Hadi Pranoto, Tonin Singarimbun, menyebut pemeriksaan tersebut berlangsung selama 8 jam mulai pukul 10.30 hingga 18.30 WIB.

"Kemarin jam 10.30 WIB sudah mulai BAP (berita acara pemeriksaan) sampai jam setengah 7 atau jam 7 malam," kata Tonin Singarimbun ketika dihubungi detikcom, Kamis (24/9/2020).

Tonin mengatakan, dalam pemeriksaan lanjutan tersebut, Hadi diperiksa terkait wawancara dirinya di akun YouTube milik musisi Anji. Namun, kali ini penyidik mencecar Hadi Pranoto soal topik seputar ramuan herbal yang diklaim Hadi sebagai obat Corona.

"Itu kan mau dikupas satu per satu apakah betul obat itu herbal atau obat. Herbal itu sudah dikonsumsi di mana aja. Yang konsumsi gimana, mati atau hidup, kurang-lebih begitu. Penjelasan soal herbal, karena bukan barang haram kita jelasin semua," jelas Tonin.

Lebih lanjut Tonin mengatakan pihaknya tengah mengupayakan damai dengan pelapor, Muannas Alaidid. "Jadi di luar pengadilan, kita boleh saling bagaimana mengenai perkara itu mau lanjut atau mau damai. Kalau damai udah pasti cabut (laporan polisi)," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Hadi Pranoto akhirnya memenuhi panggilan polisi setelah diultimatum akan dijemput paksa. Hadi Pranoto datang untuk melanjutkan pemeriksaan yang sempat tertunda.

"Kita jadwalkan (pemanggilan Hadi Pranoto) pada tanggal 24 September ini untuk hadir di Polda Metro Jaya. Tetapi yang bersangkutan siang tadi sudah ada di Polda Metro Jaya dan sekarang sedang dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh penyidik," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/9).

(mea/mea)