Siapa Pejabat Utama Kejagung Diperiksa Polisi soal Gedung Dilalap Api?

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 20:31 WIB
Kebakaran Gedung Kejagung telah berhasil dipadamkan, Minggu (23/8/2020). Kini gedung yang telah hangus itu menjadi tontonan warga.
Foto Gedung Kejagung Kebakaran: (Grandyos Zafna-detikcom)

Tak berapa lama dari rotasi itu, gedung utama Kejagung dilalap si jago merah pada Sabtu, 22 Agustus 2020 sekitar pukul 19.00 WIB. Puluhan unit mobil pemadam kebakaran dan ratusan petugas damkar gabungan berupaya memadamkan api hingga keesokan harinya.

Gedung utama itu pun ludes terbakar. Ruang kerja Jaksa Agung dan Wakil Jaksa Agung pun ikut hangus. Ada pula beberapa ruang kerja biro seperti kepegawaian hingga perencanaan yang hangus terbakar. Di sisi lain, ada 2 ruang kerja pejabat pembantu Jaksa Agung yang hangus terbakar tanpa sisa yaitu ruang kerja Jambin dan Jamintel.

Terlebih ada pula ruang kerja salah seorang jaksa yang kini jadi sorotan yaitu Pinangki Sirna Malasari. Sebelum menjadi tersangka kasus suap terkait Djoko Tjandra, Pinangki memang menghuni salah satu ruang kerja di gedung utama karena jabatan Pinangki berada di bawah Jambin yaitu sebagai Kepala Subbagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan.

Perihal itu juga sempat disorot Indonesia Corruption Watch (ICW) bila kebakaran itu ada kaitan dengan Pinangki. Namun Kejagung menegaskan segala kecurigaan yang berkaitan dengan kebakaran itu harus didasarkan pada bukti-bukti.

"Curiga boleh saja tapi harus ada dasarnya. Yang ngomong itu tahu nggak tentang gedung itu? Gedung itu nyimpan nggak berkas perkara?" sindir Hari Setiyono sebagai Kapuspenkum Kejagung pada Senin (24/8).

Segala dugaan muncul tapi apapun itu kini kebakaran itu masih dalam penyelidikan polisi. Mari menanti apa saja yang berhasil diungkap dari peristiwa yang memilukan bagi Korps Adhyaksa ini.


(dhn/zap)