Round-Up

Ruang-ruang Berselimut Jelaga dari Markas Besar Para Jaksa

Tim detikcom - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 05:15 WIB
Gedung Kejaksaan Agung Habis Terbakar
Gedung utama di Kejagung hangus dilalap api (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Kobaran api menyala dari salah satu ruangan di gedung utama Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Sabtu malam. Api bertahan kurang lebih 11 jam hingga akhirnya berhasil dipadamkan dan menyisakan ruang-ruang yang legam.

Gedung utama tempat para jaksa bernaung itu hangus sudah sebanyak 6 lantai. Bahkan ruang kerja Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin turut dilalap api.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, menjelaskan kendala yang menyebabkan pemadaman api memakan waktu sampai 11 jam. Antarlantai di bangunan yang saling bersinggungan juga disebut Satriadi menjadikan api cepat merambat.

"Karena memang struktur bangunan mudah terbakar dan memang ada perambatan," kata Satriadi kepada wartawan, Minggu (23/8/2020).

"Karena bangunan cukup luas dan menyambung antar lantai. Itu mengakibatkan mudahnya perambatan api ke 6 lantai," imbuh Satriadi.

Burhanuddin sendiri sempat memantau langsung proses pemadaman api. Dia mengaku ruang kerjanya turut hangus.

"Ini adalah gedung pembinaan, jadi di situ ada biro kepegawaian, biro keuangan dan perencanaan, dan biro umum," ujar Burhanuddin pada Sabtu (22/8) malam saat melihat langsung penanganan kebakaran di kantornya itu.

Dia memastikan bila tidak ada berkas perkara yang tersimpan di gedung itu. Namun diketahui para pejabat tinggi kejaksaan berkantor pula di gedung itu. Ruang kerja siapa saja?

Simak video 'Kejagung Terbakar, Mahfud: Berkas Kasus Jiwasraya dan Djoko Tjandra Aman':

[Gambas:Video 20detik]