Komnas HAM Minta Penjelasan Mendikbud Nadiem Makarim soal UKT

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 11:41 WIB
Beka Ulung Hapsara
Beka Ulung Hapsara (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Komnas HAM akan meminta penjelasan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim soal laporan mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) terkait dugaan pelanggaran HAM pada uang kuliah tunggal (UKT). Komnas HAM akan menyurati Nadiem terlebih dahulu.

"Ini bukan memanggil, artinya kami akan meminta keterangan, kami akan berkirim surat terlebih dahulu. Nanti kita akan analisa seperti apa keterangan dari Mas Menteri (Nadiem)," kata Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara kepada wartawan, Rabu (5/8/2020).

Beka mengatakan surat itu akan dikirim ke Nadiem apabila berkas administrasi dari pengadu sudah lengkap. Saat ini, Beka menyebut mahasiswa Unnes sebagai pengadu masih melengkapi berkas administrasi.

"Tapi saat ini kami masih menunggu kelengkapan berkas administrasi dari pengadu, karena kemarin masih ada beberapa berkas yang kurang, dan kami melengkapinya sehingga bahan atau informasi yang masuk ke kami lengkap," jelas Beka.

Beka menyebut tidak ada batasan waktu bagi mahasiswa untuk melengkapi berkas administrasi itu. Namun dia menyebut semakin cepat berkas diterima, maka Komnas HAM akan segera mengirim surat ke Nadiem.

"Berkas administrasi itu, ada kronologis seperti apa, terus bukti-bukti yang lebih kuat. Nggak ada (batas waktu), ini semakin cepat semakin baik," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2