Round-Up

Alasan Nadiem Diadukan ke Komnas HAM: Biaya Kuliah-Pembungkaman Demokrasi

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 08:41 WIB
Mahasiswa Unnes mengadukan Mendikbud Nadiem Makarim ke Komnas HAM.
Mahasiswa Unnes mengadukan Mendikbud Nadiem Makarim ke Komnas HAM. (Foto: Dok Pribadi Franscolly Mabdalika)
Semarang -

Sejumlah mahasiswa Unnes Semarang mendatangi kantor Komnas HAM mengadukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim. Ada 2 alasan mahasiswa menganggap Mendikbud melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu datang ke Jakarta 22 Juli 2020 dan aduan diterima Bidang Penerimaan dan Pemilahan Pengaduan serta tercatat dalam nomor agenda B2801.

"Aduan merupakan tindak lanjut gerakan mahasiswa yang sebelumnya telah melakukan Permohonan Hak Uji Materi Permendikbud No 25 Tahun 2020 ke Mahkamah Agung Republik Indonesia," kata pihak pengadu, Franscollyn Mandalika dalam siaran persnya, Selas (4/8/2020).

"Maka mahasiswa menilai bahwasanya telah terjadi dugaan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim," imbuhnya.

Alasan pertama yaitu biaya kuliah penuh di masa pandemi COVID-19. Hak dan kewaiban tidak berbanding lurus karena ada hak yang tidak diperoleh mahasiswa karena pembelajaran masih daring.

"Di tengah merosotnya kondisi perekonomian nasional, yang tentunya juga dirasakan oleh mahasiswa maupun keluarganya, kemudian tidak dinikmatinya hak berupa fasilitas dan layanan pendidikan secara penuh karena pembelajaran yang dilakukan secara daring. Hal tersebut menimbulkan gejolak dan dinamika di kalangan mahasiswa yang menuntut adanya keringanan pembayaran biaya kuliah," jelasnya.

Namun menurut Frans, Mendikbud justru menerbitkan Permendikbud 25 tahun 2020. Ia menganggap Mendikbud tidak membaca situasi.

"Akan tetapi Mendikbud dianggap tidak membaca situasi ini menjadi hal yang urgen dipertimbangkan untuk meringankan beban mahasiswa dan malah bertindak sebaliknya, dengan menerbitkan Permendikbud 25 tahun 2020," tegasnya.

Tonton video 'Mahasiswa Adukan Mendikbud Nadiem ke Komnas HAM':

[Gambas:Video 20detik]




Selanjutnya: Pembungkaman ruang demokrasi

Selanjutnya
Halaman
1 2