Hindari Penyebaran Corona, Masjid Sunda Kelapa Tak Gelar Pemotongan Kurban

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 09:01 WIB
Sebanyak 10 ekor sapi dan 50 ekor kambing dipotong di sebuah masjid di kawasan Menteng Atas, Jakarta, Jumat (1/8/2017). Daging kurban tersebut akan dibagikan kepada warga sekitar masjid.
Ilustrasi (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), Jakarta Pusat, memutuskan tidak menggelar pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Kebijakan itu diambil guna mencegah terjadinya penularan virus Corona.

"Untuk menghindari kerumunan dalam waktu lama, MASK tidak mengadakan pemotongan dan pembagian hewan kurban," ujar Kabag Umum dan Operasional Masjid Agung Sunda Kelapa Laode Basir saat dihubungi, Rabu (29/7/2020).

"Bagi jemaah yang mau menitipkan hewan kurban, kami anjurkan untuk langsung berhubungan dengan mustahik atau yang berhak menerima, dengan mengontak RT/RW atau tokoh masyarakat lingkungan calon penerima," imbuhnya.

Namun, Laode mengatakan, pihaknya tetap melaksanakan salat Idul Adha berjemaah. Semua jemaah, sebut dia, diminta mengikuti tata tertib yang ada.

"Jemaah laki-laki di RIU, Serambi Jayakarta, Plaza, terus lurus ke Jalan. Jemaah perempuan lokasi Aula Sakinah, Lapangan Futsal, area rumput hijau, taman bermain anak," katanya.

"Jemaah dianjurkan membawa sajadah dan perlengkapan sholat masing-masing, serta berwudu dari rumah. Tetap menjaga jarak, pengukuran suhu tubuh dan mencuci tangan," Sambung dia.

Tonton video 'Tahapan Penyembelihan & Penyaluran Hewan Kurban di Masa Pandemi Corona':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2