Round-Up

Aksi Jerinx cs Tolak Tes Corona di Bali Disorot Satgas hingga IDI

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 22:05 WIB
Aksi tolak tes Corona di Bali (Dok. Manusa)
Aksi menolak tes Corona di Bali. (Dok. Manusa)
Jakarta -

Aksi Jerinx 'SID' dan sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Masyarakat Nusantara Sehat (Manusa) menolak tes Corona di Bali menuai kritik tajam. Unjuk rasa itu sangat disayangkan sejumlah pihak.

Jerinx 'SID' dan Manusa awalnya melakukan long march di lapangan Renon, Denpasar, Bali, pada Minggu, 26 Juli 2020. Mereka menyatakan menolak tes Corona.

"Ya, kalau yang dibilang tadi kan kita nolak rapid test dan juga swab itu ketika itu digunakan sebagai suatu syarat administrasi, ya kita tolak," kata koordinator aksi, Krisna Dinata, saat dihubungi detikcom, Minggu (26/7).

Jerinx dan istri juga tampil menyanyi di tengah massa aksi. Penampilannya saat mengikuti aksi dengan tidak memakai masker menjadi sorotan. Ada yang mendukung, ada juga yang menganggap Jerinx sebagai provokator.

Dalam posting-an terbarunya, Jerinx menegaskan dirinya tidak melanggar hukum.

"Beberapa media memberi narasi seolah saya 'memprovokasi' warga utk melawan hukum di aksi @menjadimanusa Bali Tolak Rapid/Swab pagi tadi di Renon, namun sejatinya TAK ADA SATUPUN HUKUM yang saya langgar," tegas Jerinx dilihat, Senin (27/7/2020).

Drummer SID itu justru seperti menantang siapa pun yang merasa dirugikan oleh aksinya bersama warga Bali, Minggu (26/7), siang boleh melaporkan dirinya ke polisi. Jerinx mengaku tak jadi masalah.

"Jika ada yg merasa dirugikan silakan tempuh jalur hukum. Saya gak punya beking orang kuat selain istri saya. Jika anda benar, saya pasti sudah/akan dipenjara kok," tutur Jerinx.

Aksi tersebut disorot oleh Satgas Penanganan COVID19, Komisi IX DPR, hingga Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Mereka meminta agar warga diberi edukasi seputar bahaya wabah virus Corona dan bahkan meminta polisi turun tangan melakukan tindakan.

Berikut Ini Aksi Jerinx Cs Tolak Tes Corona di Bali Disorot Satgas hingga IDI:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3