5 Aksi Firli Bahuri Jadi Kontroversi, dari Masak Nasgor hingga Naik Heli

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 09:55 WIB
Pimpinan KPK melakukan safari ke sejumlah kementerian dan lembaga. Kali ini KPK mendatangi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
Ketua KPK Firli Bahuri (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Sejak resmi menjadi orang nomor satu di lembaga antikorupsi, nama Firli Bahuri seolah lekat dengan sensasi. Ketua KPK yang berasal dari Korps Bhayangkara itu kerap menegaskan fokus bekerja meski publik di luar sering mencerca.

"Kita kerja, kerja, dan kerja. Sepi ing pamrih, rame ing gawe, terus dan teruslah," kata Firli pada suatu waktu menanggapi salah satu kritik yang menimpanya.

Terakhir kali saat menanggapi kritik, Firli mengaku sangat memahami risiko menjabat Ketua KPK. Namun dia menyayangkan jika kritik yang disampaikan itu tidak berdasarkan fakta.

"Saya sangat menyayangkan ada pihak yang mengkritisi saya dengan membuat keterangan yang tidak sesuai dengan keutuhan fakta. Meski demikian, itulah perjalanan sebagai pimpinan KPK," kata Firli Bahuri kepada wartawan, Senin (22/6/2020).

Bahkan, Firli menyebut, sekalipun Odin turun dari Asgard ke Bumi dan menjadi Ketua KPK, Odin tetap dikritik.

"Jika pun Odin The All Father turun dari Asgard ke Bumi dan menjadi Ketua KPK, pasti akan tetap dikritik. Saya sangat paham pada perhatian ini. Saya berkeyakinan semua atas semangat kecintaan kepada negeri ini," sebutnya.

Untuk diketahui, Odin merupakan tokoh fiksi dalam komik dan film produksi Marvel berjudul 'Thor'. Dia berhasil mengalahkan iblis bernama Sultur dan mengurungnya di dalam perut bumi. Odin akhirnya menjadi raja adil di Asgard. Dia digambarkan sebagai pemimpin yang adil.

Terlepas dari itu, kehebohan yang bermuara dari tindak tanduk Firli tercatat setidaknya ada 5 kali. Berikut ini daftarnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6