Perjalanan Panjang hingga Akhirnya Jokowi Larang Mudik saat Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 12:52 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai masker saat melantik Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Ahmad Riza Patria resmi menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta seusai dilantik Presiden Joko Widodo.
Presiden Jokowi (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jokowi Katakan Mudik Bukan Tak Rindu, Tapi Sayang Ayah-Ibu

Pada Sabut (18/4) Presiden Jokowi masih belum memutuskan larangan mudik kepada masyarakat. Namun Jokowi mengimbau agar tak mudik melalui komik.

"Tak mudik bukan karena tak rindu. Tapi karena sayang pada ayah dan ibu," cuit Presiden Jokowi lewat akun Twitter-nya @jokowi seperti dilihat detikcom, Sabtu (18/4/2020).

Dalam komik tersebut digambarkan ada seorang pemuda di Jakarta yang berencana mudik ke kampung halamannya. Namun, saat berkemas, dia melihat siaran di televisi bahwa pemerintah mengimbau agar masyarakat tidak mudik karena berpotensi menularkan virus Corona.

Si pemuda tersebut kemudian membayangkan bagaimana jika dirinya mudik. Bukannya gembira bersama sanak keluarga, melainkan jadi dukacita karena banyak yang tertular virus Corona. Si pemuda ini pun membatalkan niatnya mudik meski sedih.

Dia kemudian menelepon ibunya mengabarkan Lebaran tahun ini tidak mudik karena mengikuti imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penularan virus Corona.

"Tak harus bertemu secara fisik untuk menunjukkan rasa sayang. Tapi menahan rindu dengan tidak mudik adalah sebentuk rasa sayang untuk melindungi orang-orang tersayang dari wabah ini," demikian penutup di bagian akhir komik tersebut.

Jokowi Akhirnya Larang Mudik 2020

Pada, Selasa (21/4), Presiden Jokowi akhirnya memutuskan untuk melarang mudik. Larangan itu berlaku untuk semua kelompok agar tak kembali ke kampung halamannya.

"Pada rapat hari ini, saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan pada kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi meminta kepada seluruh jajarannya untuk menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan larangan itu.

"Oleh sebab itu, saya minta persiapan-persiapan yang berkaitan dengan ini mulai disiapkan," ujar Jokowi.

Halaman

(lir/dhn)