Amarah Rommy Dikerjai Sepupu Kini Dapat 'Stempel' dari Hakim

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 12:19 WIB
Romahurmuziy usai mendengarkan vonis hukuman 2 tahun penjara untuknya (Foto: Ari Saputra/detikcom)


Dalam surat dakwaan disebutkan bila Rp 41,4 juta tersebut diberikan ke Abdul Wahab yang saat itu berkepentingan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kabupaten Gresik. Jaksa meyakini ada campur tangan Rommy mengarahkan uang dari Muafaq itu untuk Abdul Wahab.

Namun, menurut hakim, tidak ada fakta tersebut saat Abdul Wahab dan Abdul Rochim memberikan kesaksian dalam persidangan di kisaran November 2019 tersebut. Bahkan, Rommy sempat meluapkan amarahnya lantaran baru tahu dimanfaatkan kedua sepupunya itu.

Seperti apa ceritanya?


Bermula dari sepupu Rommy yang juga adik dari Abdul Wahab bernama Abdul Rochim yang mengaku pernah dihubungi Muafaq. Abdul Rochim mengatakan saat itu Muafaq bercerita padanya soal keinginan mendapatkan promosi jabatan.

Cerita itu disampaikan Abdul Rochim saat bersaksi pada sidang hari Rabu, 20 November 2019. Abdul Rochim mengaku Muafaq mengenalnya sebagai sepupu Rommy dengan harapan keinginannya itu dapat tersampaikan ke Rommy.

Pada akhirnya saat acara keluarga di Yogyakarta, Abdul Rochim mengaku menyampaikan pesan Muafaq itu kepada Rommy. Pesan tersebut berisi keinginan Muafaq mendapatkan promosi jabatan eselon III.

Amarah Rommy Dikerjai Sepupu Kini Dapat 'Stempel' dari HakimRomahurmuziy dalam satu momentum persidangan (Foto: Ari Saputra/detikcom)


"Saya sampaikan 'saya punya teman ingin promosi eselon III', Pak Muafaq itu. Terus, beliau nanggepinnya, 'Yowes jalani wae sesuai prosedur,' gitu. Habis itu saya nggak meneruskan lagi," ucap Abdul Rochim menirukan Rommy.

Setelah beberapa bulan, Abdul Rochim menyebut Rommy bertemu dengan Muafaq. Atas pertemuan itu, Muafaq diminta banyak berdoa.

"Pak Muafaq cerita sama saya, katanya Pak Rommy bilang saya disuruh banyak berdoa saja," kata Abdul Rochim menirukan Muafaq yang bertemu Rommy.

Lantas giliran Abdul Wahab yang bersaksi dalam persidangan pada hari Rabu, 27 November 2019. Abdul Wahab awalnya mengaku ingin bertemu Rommy di Jakarta dan menceritakan keinginannya pada Abdul Rochim.





Abdul Rochim yang berhubungan dengan Muafaq lantas menitipkan pesan pada Abdul Wahab soal Muafaq agar disampaikan ke Rommy. Abdul Wahab mengaku pada akhirnya tidak meneruskan pesan itu ke Rommy.

Namun Abdul Wahab tahu bila Muafaq berkepentingan akan pesan tersebut sehingga dirinya mengarang cerita akan menemui Rommy. Abdul Wahab bermaksud agar Muafaq membantunya sebagai timbal balik. Kebetulan saat itu Abdul Wahab membutuhkan bantuan untuk kampanye sebagai caleg DPRD Kabupaten Gresik.

"Itu karangan saya aja Pak," ucap Abdul Wahab dalam sidang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4