Pimpinan DPR Dorong Panja, PKS Tetap Gulirkan Usul Pansus Jiwasraya

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 15:22 WIB
Foto: PKS gulirkan usul Pansus Jiwasraya (Azizah/detikcom)
Foto: PKS gulirkan usul Pansus Jiwasraya (Azizah/detikcom)
Jakarta - Fraksi PKS DPR RI tetap ingin ada panitia khusus (pansus) kasus Jiwasraya meski Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mendorong pembentukan panitia kerja (panja). PKS ingin mengungkap apa yang sebenarnya terjadi di kasus Jiwasraya.

"Ini adalah bagian dari ingin mengungkap persoalan ini apa sih akar masalahnya, apa sih yang sesungguhnya terjadi secara terang benderang. Ini karena menyangkut jiwasraya ini kan iuran uang warga, jumlahnya Rp 13 triliun. Belum lagi Asabri, belum lagi yang lainnya. Kita ingin ungkap," kata Ketua F-PKS DPR RI Jazuli Juwaini di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2020).



Menurut Jazuli, pembentukan panja untuk kasus Jiwasraya tidak akan sekuat Pansus yang bisa menjangkau lintas komisi. Dengan dibentuk pansus, Jazuli berharap kasus Jiwasraya bisa diungkap secara lebih komprehensif.

"Cuma kan masalahnya kita ingin lebih objektif. Panja ini kan daya kekuatannya tidak seluas pansus. Pansus ini kan akan melintasi berbagai macam komisi, lembaga, dan kementerian terkait nantinya. Kalau bicara panja bisa saja panja itu tentu haknya fraksi-fraksi, tetapi kami sebagai salah satu fraksi mengusulkan akan lebih komprehensif kalau dibentuknya itu melalui pansus," jelasnya.

Pimpinan DPR Dorong Panja, PKS Tetap Gulirkan Usul Pansus JiwasrayaFoto: PKS gulirkan usul Pansus Jiwasraya (Azizah/detikcom)


Jazuli mengatakan pihaknya berharap pemerintah mendukung pembentukan pansus Jiwasraya. Pembentukan pansus ini ditegaskan Jazuli bukan untuk menjatuhkan pemerintah.

"Justru harusnya pihak pemerintah mendukung ada pansus ini, supaya justru akan terungkap. Kalau pemerintah umpamanya tidak terkait, kenapa harus keberatan? Kita bukan urusan menjatuhkan pemerintah atau apa, ndak ada urusan. Kita ingin uang rakyat ini ke mana, apa masalahnya, dan seterusnya," ucap Jazuli.



Pembentukan Pansus Jiwasraya, PDIP: Hanya Panggung Politik:


Selanjutnya
Halaman
1 2