detikNews
2019/09/01 06:45:49 WIB

Round-Up

Serba-serbi Anggota DPR Terpilih Menatap Senayan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Serba-serbi Anggota DPR Terpilih Menatap Senayan Gedung DPR/Foto: Lamhot aritonang
Jakarta - Sebanyak 575 anggota DPR periode 2019-2024 ditetapkan KPU hari ini. Mereka datang dari 80 daerah pemilihan (dapil) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Penetapan anggota DPR itu dilakukan melalui rapat pleno yang digelar di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8). Penetapan dilakukan langsung oleh Ketua KPU Arief Budiman, didampingi seluruh komisioner KPU.

Arief mengatakan hasil penetapan anggota DPR ini akan dituangkan dalam berita acara KPU Nomor 173. Berita acara ini berisi tentang perubahan atas keputusan KPU Nomor 987 Tahun 2019 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden Wakil Presiden, DPR, DPRD Kabupaten/Kota Nasional.

"Ditetapkan dalam berita acara KPU tentang penetapan perolehan kursi, parpol, dan calon terpilih," ujar Arief.


"KPU akan mengusulkan calon terpilih untuk menetapkan sumpah janji pada Presiden dan Mahkamah Agung," sambungnya.

Selanjutnya, para anggota dewan akan diambil sumpah janji pada 1 Oktober 2019. Namun, sebelum itu, KPU mengimbau agar anggota dewan menyerahkan bukti Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Berdasarkan catatan KPU, masih ada 90 anggota DPR yang belum menyerahkan LHKPN. Komisioner KPU Ilham Saputra memberikan tenggat hingga 7 September 2019 bagi para anggota dewan untuk melaporkan LHKPN.


Bagaimana jika imbauan itu tidak dipatuhi? Ilham mengatakan KPU bakal menunda pelantikan mereka.

"Jika tidak sampai 7 September menyerahkan, maka kami tidak memberikan nama yang bersangkutan, yang belum menyerahkan LHKPN, untuk dilantik oleh presiden. Sampai kemudian dia memberikan laporan LHKPN," kata Ilham.

Siapa saja para anggota dewan 2019-2024? Mari mengenal mereka lebih jauh.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com