DetikNews
2018/04/24 05:57:03 WIB

Fakta Perjalanan Kasus Novanto Hingga Jelang Vonis

Dhani Irawan - detikNews
Halaman 1 dari 5
Fakta Perjalanan Kasus Novanto Hingga Jelang Vonis Setya Novanto yang akan menghadapi vonis hari ini (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Setya Novanto, politikus yang dijuluki jaksa KPK sebagai pelobi ulung itu akhirnya akan menghadapi vonis dari majelis hakim. Perjalanan Novanto dalam pusaran kasus yang disebut merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun itu akan segera berujung pada ketukan palu hakim.

Jaksa KPK meyakini Novanto telah menyalahgunakan kesempatan dan sarana karena kedudukannya sebagai anggota DPR dan ketua Fraksi Golkar. Novanto disebut mengintervensi penganggaran dan pengadaan proyek tersebut yang akhirnya muncul penyimpangan dalam proses lelang dan pencetakan blangko e-KTP yang tidak sesuai ketentuan sehingga menyebabkan kemahalan harga.


Selain itu, Novanto juga diyakini menerima aliran uang dengan total USD 7,3 juta dari proyek itu. Uang itu disebut jaksa mengalir ke Novanto melalui keponakannya, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, sebesar USD 3,5 juta, dan melalui orang dekatnya, Made Oka Masagung, sejumlah USD 1,8 juta dan USD 2 juta yang diberikan melalui perusahaan Made Oka Masagung.

Jaksa KPK Irene Putri sampai menyampaikan sebuah ungkapan tentang bagaimana 'drama' penyidikan terhadap Novanto itu berujung. Ungkapan you can run but you can't hide setidaknya cukup menggambarkan bagaimana 'drama' yang dilakoni Novanto.

Seperti apa fakta-fakta yang terjadi sejak Novanto duduk sebagai terdakwa hingga menjelang vonis, berikut rangkumannya:

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed