Puluhan Kios di Pasar Bululawang Malang Terbakar

Muhammad Aminudin - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 10:37 WIB
Puluhan kios di Pasar Bululawang Kabupaten Malang terbakar dini hari tadi. Sembilan mobil PMK dikerahkan untuk memadamkam api.
Puluhan kios di Pasar Bululawang Kabupaten Malang terbakar/Foto: Muhammad Aminudin/detikcom
Malang - Puluhan kios di Pasar Bululawang Kabupaten Malang terbakar dini hari tadi. Sembilan mobil PMK dikerahkan untuk memadamkam api.

Menurut keterangan yang dihimpun detikcom, api mulai diketahui pukul 00.30 WIB. Warga yang melihat api kemudian melaporkan adanya kebakaran.

Api dengan cepat membesar dan menghanguskan puluhan kios. Tak lama kemudian, enam mobil PMK dari Pemkab Malang datang ke lokasi. Lalu dibantu dua PMK dari Pemkot Malang serta satu unit PMK milik PG Krebet Baru.

Petugas PMK dapat menjinakkan api selang tiga jam setelah kebakaran terjadi. Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta Rupiah.

Pemilik kios atau bedak di Pasar Bululawang berdatangan ketika kebakaran terjadi. Mereka berusaha untuk menyelamatkan barang dagangan.

"Titik api pertama kali dari kios sebelah selatan, belum diketahui isinya karena habis semua, karena banyak barang mudah terbakar, seperti kain dan barang dapur," ujar Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Malang, Samsul Bachtiar kepada wartawan, Minggu (16/1/2022).

Samsul mengatakan, proses pemadaman api tak mengalami kendala. Setidaknya ada 9 mobil PMK didatangkan ke lokasi untuk menangani kebakaran.

"Ada 6 mobil Damkar dari Kabupaten Malang. Lalu dibantu 2 unit Damkar dari Pemkot Malang dan 1 unit dari PG Krebet Baru," tambahnya.

Mulai pagi tadi, pemilik kios berdatangan ke Pasar Bululawang untuk melihat lapak dagangan mereka pascakebakaran yang terjadi. Tak hanya itu, kebakaran juga mengundang perhatian masyarakat untuk datang ke lokasi. Penyebab kebakaran masih diselidiki. (sun/sun)