Motif Iseng di Balik Viral Lumba-lumba Mati di Kapal yang Bikin Heboh

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 17:57 WIB
nakhoda kapal penangkap lumba-lumba jadi tersangka
Nakhoda kapal penangkap lumba-lumba jadi tersangka (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan - Unggahan berisi foto dan video lumba-lumba tergeletak di atas kapal sempat viral. Si pengunggah yang tak lain nakhoda kapal mengau iseng saat mengunggah penampakan lumba-lumba tersebut.

"Ya tujuannya cuma iseng aja," kata JW alias BJ menjawab pertanyaan detikcom usai konferensi pers di Graha Bhayangkara Polres Pacitan, Selasa (11/1/2022).

Kala itu JW merasa heran. Pasalnya, selama dirinya bekerja di kapal ikan belum pernah mendapati lumba-lumba terperangkap jaring. Apalagi jumlahnya sampai 7 ekor. Spontan konten tersebut dia unggah ke media sosial.

"Heran aja gitu. Karena kan nggak pernah terkena seperti itu. Baru pertama kali, biasanya nggak pernah," kata warga Pekalongan, Jateng tersebut.

Tanpa disadari, konten tersebut membikin heboh jagat maya. Beragam komentar pun bermunculan. Polisi tak tinggal diam. Penyelidikan segera dilakukan. Bahkan kapal yang diduga membawa lumba-lumba tersebut dicegat sebelum sempat mendarat. Hanya saja tidak ditemukan barang bukti.

Berikutnya, pemeriksaan dilakukan terhadap nakhoda dan 22 awak kapal. Hasilnya tidak ditemukan unsur kesengajaan oleh nelayan menangkap satwa dilindungi. Sejauh ini ke 22 ABK hanya berstatus saksi. Namun nakhoda ditetapkan tersangka dalam kasus berbeda.

Hasil penyelidikan diketahui, kapal motor tersebut beroperasi tanpa izin berlayar. Aktivitas menangkap ikan yang dilakukan ternyata juga tidak dilengkapi surat izin sesuai zona tangkap. Bahkan kapal juga tak dilengkapi sarana pantau.

"Dan pada akhirnya dia menangkap ikan atau illegal fishing hingga tertangkaplah selain ikan juga lumba-lumba yang kita ketahui juga merupakan hewan dilindungi," terang Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono. (iwd/iwd)