Jalan Misteri di Kelud Kediri Benar-benar Masih Menyisakan Teka-teki

Andhika Dwi - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 16:58 WIB
Ada Jalan Misteri di kawasan Gunung Kelud, Kediri. Di jalan tersebut, kendaaraan bisa menanjak sendiri meski mesin dalam kondisi mati.
Jalan Misteri di Kelud Kediri/Foto: Andhika Dwi/detikcom
Kediri - Jalan Misteri di kawasan Gunung Kelud, Kediri benar-benar masih menyisakan teka-teki. Sebab hingga saat ini, belum ada penelitian soal jalan tersebut.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Adi Suwignyo. Menurutnya, belum ada jawaban ilmiah soal jalan itu.

"Penyebab kendaraan bisa berjalan sendiri ini masih menjadi suatu misteri. Apakah karena adanya medan magnet yang bisa menyebabkan mobil berjalan sendiri, atau hanya tipuan pandangan (mata), di mana kondisi jalan kelihatan naik (menanjak) tapi sebenarnya adalah menurun," kata Adi kepada detikcom, Kamis (30/12/2021).

"Menjadi suatu misteri karena sampai saat ini belum ada penelitian atau kajian terkait hal tersebut," imbuhnya.

Jalan Misteri itu berada sekitar 4 kilometer dari pintu masuk wisata Kelud, di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Jalan Misteri memiliki panjang sekitar 100 Meter.

Agar menjadi perhatian para pengendara, jalan tersebut ditandai dengan gapura. Lalu beberapa badan jalan diberi garis-garis putih.

Jalan tersebut tampak menanjak. Namun anehnya, motor dan mobil bisa menanjak sendiri dalam kondisi mesin mati.

detikcom juga membuktikannya dengan botol air mineral. Saat ditaruh, botol tersebut justru menggelinding ke jalan yang menanjak, bukan ke jalan yang menurun.

Kemudian Anna Rully (39), warga Kota Kediri sengaja mendatangi lokasi untuk merasakan hal yang tak biasa dari Jalan Misteri. Anna mengendarai mobil jenis MPV. Sampai di Jalan Misteri, ia mematikan mesin mobil. Setelah ia melepas rem tangan, tiba-tiba mobil berwarna silver itu menanjak sendiri.

"Tadi saya mengikuti arahan yang ada di tembok (gapura Jalan Misteri). Mematikan mesin atau mesin hidup dan Persneling netral, rem tangan dan rem kaki dilepas, mobil justru melaju naik," jelas Anna kepada detikcom di lokasi.

Lihat juga video 'Misteri Hilangnya Penjual Bakso Keliling di Samarinda yang Bikin Heboh':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)