Jalan Misteri di Kelud Kediri, Mobil-Motor Bisa Menanjak Meski Mesin Mati

Andhika Dwi - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 13:24 WIB
Ada Jalan Misteri di kawasan Gunung Kelud, Kediri. Di jalan tersebut, kendaaraan bisa menanjak sendiri meski mesin dalam kondisi mati.
Jalan Misteri di Kelud Kediri/Foto: Andhika Dwi/detikcom
Kediri - Ada Jalan Misteri di kawasan Gunung Kelud, Kediri. Di jalan tersebut, kendaraan bisa menanjak sendiri meski mesin dalam kondisi mati.

Jalan Misteri itu berada sekitar 4 kilometer dari pintu masuk wisata Kelud, di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Jalan Misteri memiliki panjang sekitar 100 Meter.

Agar menjadi perhatian para pengendara, jalan tersebut ditandai dengan gapura. Lalu beberapa badan jalan diberi garis putih.

Jalan tersebut tampak menanjak. Namun anehnya, motor dan mobil bisa menanjak sendiri dalam kondisi mesin mati.

Terkadang, warga juga membuktikannya dengan botol air mineral. Saat ditaruh, botol tersebut justru menggelinding ke jalan yang menanjak, bukan ke jalan yang menurun.

Sesuatu yang dianggap aneh itu sudah diketahui warga sejak lama. Seperti yang diutarakan oleh Sukiran (40), warga Sugihwaras.

Sukiran mengaku tidak tahu mengapa jalan itu disebut Jalan Misteri. Namun sejak ia masih duduk di bangku SD, jalan tersebut sudah ada dengan cerita uniknya.

"Saya tidak tahu sejak kapan dan bagaimana sejarahnya. Saya kurang tahu Mystery Road itu. Yang jelas saat SD saya tahu sudah ada jalan itu, dan bisa membuat motor atau mobil saat itu bisa naik tanpa mesin nyala," kata Sukiran kepada detikcom, Kamis (30/12/2021).

Kini Jalan Misteri membuat banyak orang penasaran. Banyak orang sengaja datang untuk membuktikan hal yang dianggap aneh dari jalan tersebut.

Sukiran juga merasa senang dengan ramainya warga yang datang. Terutama di sore hari. Sebab, banyak pedagang yang merasa diuntungkan dengan banyaknya pengunjung yang datang.

"Banyak pengunjung Gunung Kelud yang mencoba misteri jalan tersebut. Akhirnya ekonomi pedagang dan warga terbantu," imbuh Sukiran.

Lihat juga video 'Indahnya Wisata Crop Circle Kediri Buatan Manusia':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)