Warga Buktikan Mobilnya Menanjak di Jalan Misteri Kelud Saat Mesin Mati

Andhika Dwi - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 14:17 WIB
Ada Jalan Misteri di kawasan Gunung Kelud, Kediri. Di jalan tersebut, kendaaraan bisa menanjak sendiri meski mesin dalam kondisi mati.
Warga di Jalan Misteri Gunung Kelud/Foto: Andhika Dwi/detikcom
Kediri - Ada Jalan Misteri di Gunung Kelud, di mana kendaraan bisa menanjak sendiri meski mesin dalam kondisi mati. Jalan tersebut membuat banyak orang penasaran.

Seperti yang dirasakan Anna Rully (39), warga Kota Kediri. Ia sengaja mendatangi lokasi untuk merasakan hal yang tak biasa dari Jalan Misteri.

Anna mengendarai mobil jenis MPV. Sampai di Jalan Misteri, ia mematikan mesin mobil. Setelah ia melepas rem tangan, tiba-tiba mobil berwarna silver itu menanjak sendiri.

"Tadi saya mengikuti arahan yang ada di tembok (gapura Jalan Misteri). Mematikan mesin atau mesin hidup dan Persneling netral, rem tangan dan rem kaki dilepas, mobil justru melaju naik," jelas Anna kepada detikcom di lokasi, Kamis (30/12/2021).

Anna mengaku heran dengan apa yang terjadi. Karena jalan tersebut menanjak. Ia mengajak pengguna jalan untuk berhati-hati.

Jalan Misteri itu berada sekitar 4 kilometer dari pintu masuk wisata Kelud, di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Jalan Misteri memiliki panjang sekitar 100 Meter.

Agar menjadi perhatian para pengendara, jalan tersebut ditandai dengan gapura. Lalu beberapa badan jalan diberi garis-garis putih.

Jalan tersebut tampak menanjak. Namun anehnya, motor dan mobil bisa menanjak sendiri dalam kondisi mesin mati.

detikcom juga membuktikannya dengan botol air mineral. Saat ditaruh, botol tersebut justru menggelinding ke jalan yang menanjak, bukan ke jalan yang menurun.

Ada yang menyebut, ada medan magnet di jalan tersebut. Sehingga benda-benda bergerak melawan hukum gravitasi. Ada juga yang menyebut itu hanya ilusi optik atau ilusi visual, di mana sesungguhnya, jalan tersebut menurun bukan menanjak.

Lihat juga video 'Misteri Hilangnya Penjual Bakso Keliling di Samarinda yang Bikin Heboh':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)