Warga Kota Malang Viral Buta Usai Vaksinasi, Begini Pengakuannya

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 15:12 WIB
viral warga kota malang buta usai vaksinasi
Joko Santoso yang diviralkan buta usai vaksinasi (Foto: Muhammad Aminudin)
Kota Malang -

Identitas warga Kota Malang yang viral mengalami kebutaan usai divaksin AstraZeneca terungkap. Dia adalah Joko Santoso (38), warga Jalan Burung Gereja, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Ditemui di kediamannya, Kamis (2/12/2021), siang, Joko menuturkan dirinya mengikuti vaksinasi pada Jumat (3/11). Vakisinasi digelar di rumah Ketua RW setempat bersama 148 warga yang tinggal di RW 02, Kelurahan Arjowinangun, Kedungkandang, Kota Malang.

"Vaksinnya di rumah Pak RW, ada 148 warga lain ikut juga. Difasilitasi di situ karena masa pandemi. Tenaga kesehatannya dari RS Refa Husada," ujar Joko.

Usai vaksinasi, Joko kembali pulang dan beberapa jam kemudian mengalami gejala seperti mual, pusing, serta demam. Menginjak malam hari, lanjut Joko, rasa sakit di bagian kepalanya semakin terasa. Tidak hanya itu, seketika Joko tak bisa melihat secara normal.

viral warga kota malang buta usai vaksinasiJoko Santoso dan istrinya (Foto: Muhammad Aminudin)

"Malam langsung terasa sakit di kepala belakang. Terus saya saat itu tidak bisa melihat. Semua gelap gulita," beber bapak dua anak ini.

Anehnya keluhan itu hanya dirasakan Joko, sementara warga lain yang bersamaan mengikuti vaksinasi tidak. Titik Andayani (35), istri Joko, kebetulan sudah menjalani vaksin di tempat kerjanya. Sehingga kala itu tak ikut suaminya vaksinasi.

"Esok harinya tambah parah. Kami lapor ke Pak RW, terus dibawa ke RS Refa Husada dan kemudian dirujuk ke RSSA. Sebelas hari, saya rawat inap di RSSA," tutur Joko.