Diterjang Hujan Deras, Plengsengan Penahan Jalan di Lamongan Ambrol

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 13:08 WIB
plengsengan di lamongan ambrol
Plengsengan di Lamongan yang ambrol (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Hujan deras selama beberapa jam yang melanda Lamongan membuat Tembok Penahan Tanah (TPT) di salah satu desa di Lamongan anbrol. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Ambrolnya TPT atau plengsengan ini terjadi di Desa/Kecamatan Sugio. Plengsengan yang berada di tepi jalan antar kecamatan sepanjang lebih kurang 9 meter di 2 titik dengan kedalaman longsor sekitar 3 meter ini tiba-tiba longsor.

"Iya, TPT atau plengsengan ini longsor pada Minggu petang kemarin (17/10/2021)," kata Kepala Desa Sugio Rochim kepada wartawan, Senin (18/10/2021).

Dikatakan Rochim, penyebab plengsengan yang longsor ini adalah hujan deras selama beberapa jam yang terjadi di wilayah Sugio. Plengsengan yang longsor ini, menurut Rochim, adalah plengesengan lama yang sudah berusia sekitar 10 tahun dimana di atas plengesengan lama ini ditambah plengesengan baru agar seimbang dengan posisi jalan.
"Penyebabnya adalah karena hujan deras," ujarnya.

Longsornya plengesengan ini bahkan sempat terekam kamera warga yang kebetulan sedang berada di sekitar lokasi. Dalam video yang beredar di media sosial itu terlihat jika awalnya hanya berupa 'kriwikan' kecil yang kemudian berubah menjadi longsornya plengesengan
.
"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," ujarnya.

Petugas PU Bina Marga Lamongan Hamzah yang datang ke lokasi mengungkapkan jika longsornya plengesengan di Desa/Kecamatan Sugio ini karena tingginya curah hujan. Pihaknya, kata Hamzah, segera memperbaiki plengesengan ini agar longsoran tidak melebar.

"Ya karena curah hujan yang tinggi TPT tidak kuat menampung air hingga longsor," kata Hamzah.

(iwd/iwd)